Peringati HUT RI ke-72, Ribuan Warga Silawan Upacara di Batas Pantai Mota’ain-Timor Leste

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Teriknya panas matahari yang menyengat tidak menyurutkan semangat warga di garis perbatasan Mota’ain, Kabupaten Belu-Timor Leste untuk melaksanakan upacara bendera memperingati kemerdekaan HUT RI ke-72 tahun 2017.

Ratusan warga yang terdiri dari para pelajar tingkat SD, SLTP, SLTA, para guru, perangkat Desa, Kecamatan dan warga se-Kecamatan Tasifeto Timur juga peserta upacara dari personil Polsek, Yonif Raidersus 744/SYB dan Satgas Yonif Raider 712/WT memadati pantai Mota’ain, Desa Silawan untuk mengikuti upacara kemerdekaan RI ke-72, Kamis (17/8/2017).

Upacara bendera berlangsung pukul 09.28 Wita. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri RI bidang Kemasyarakatan dan Hubungan antar Lembaga, Nuryanto. Pembina upacara dari Perwira TNI Satgas Yonif Raider 712/WT dan pasukan Paskibra pelajar SMA Wedomu.

Nuryanto dalam amanat menuturkan, Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri menyampaikan rasa bangganya, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta upacara di area perbatasan ini.

Dikatakan, Mendagri sejalan dengan apa yang diperintahkan oleh Presiden melalui Nawacitanya, ingin sekali mewujudkan secara konkrit pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di daerah perbatasan Belu dan Timor Leste.

Hal yang kedua ingin mewujudkan hadirnya Pemerintah di daerah perbatasan ini dengan menyediakan infrastruktur pembangunan yang lebih memadai lagi. Ingin mengatakan lagi bahwa kita semua punya hak dan kewajiban yang sama dari Jakarta sampai perbatasan ini.

Baca juga : PLN Peringati HUT RI ke-72 di Perbatasan RI-RDTL

Selain itu, ingin mengajak semua pejabat di daerah ini, seluruh unsur masyarakat, tokoh agama dan para siswa untuk mengisi kemerdekaan bekerja bersama, dan bersama bekerja sesuai dengan tema HUT RI ke-72 adalah Indonesia bekerja bersama dan Indonesia bersama bekerja untuk mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Ade-ade siswa SD, SMP, SMA dan para Mahasiswa adalah pejuang penerus yang wajib mengisi kemerdekaan ini untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan. Sekali lagi terimakasih untuk warga di batas atas partisipasi mengikuti upacara ini,” ucap dia.

Tambah Nuryanto, sesuai dengan semangat Bapak Presiden PLBN adalah beranda terdepan NKRI yang wajib kita jaga dan rawat bersama. Sesuai tema HUT RI, bahwa kita tahu secara kultural kita sudah diajar sejak kecil untuk kerja bersama bergotong royong. “Mari kita semangat bergotong royong, bekerja bersama membangun dari pinggiran,” himbau dia.

Hadir dalam upacara tersebut, Sekda Belu, pejabat Kemendagri, Camat Tastim, para Pejabat Esalon III Pemkab Belu, para Kades, Kapolsek Tastim, Kapospol Mota’ain, perwakilan Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, tokoh adat, tokoh agama serta undangan lainnya termasuk pihak keamanan, PNTL, UPF, Imigrasi, Karantina dan Bea Cukai Timor Leste.

Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-72 berlangsung aman dan lancar. Usai upacara dilanjutkan dengan acara hiburan penampilan drumband, tebe dan berbagai jenis perlombaan.

Kades Silawan, Ferdi Mones menuturkan, kita mensyukuri kemerdekaan yang telah diraih oleh para pejuang kita. Ke depan kita mohon supaya anjuran dari Bapak Mendagri tadi agar kita bekerja sama, solid untuk bahu-membangun manusia perbatasan khusunya membangun manusia dari sumber daya manusianya.

“Dengan usia Rl ke-72 ini, harapan kita ke depan masyarakat perbatadan hidupa lebih baik dan makmur. Dengan sumber daya dana desa yang ada kita mengoptimalkan sumber daya yang ada sehingga bisa mensejahterakan masyarakat di perbatasan Silawan,” ucap Mones.