Bupati TTU , Kapolres dan Dandim Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes S.Pt, SKPD terkait, Kapolres, AKBP Robby M.Samban S.I.K, bersama Dandim dan anggota pada Kamis (02/02/2017) melakukan peninjauan ke lokasi bencana banjir bandang di Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten TTU, NTT.

Ratusan warga korban banjir di dusun Maubesi dan Maukita merasa bersyukur lantaran mendapat kunjungan Bupati TTU, Kapolres bersama Dandim dan rombongan, luapan kegembiraaan terlihat, mereka terharu mendapat perhatian dari para pejabat yang datang dari kabupaten.

Kepada warga masyarakat korban banjir bandang di lokasi, bupati TTU Raymundus Sau Fernandes S.Pt menjelaskan, para korban akan diurus oleh tim Tagana bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Semua korban bencana banjir, akan diurus oleh tim Tagana bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Jadi kami mengharapkan keikutsertaan warga masyarakat untuk membantu tim yang ada”, kata Bupati Fernandes. Lebih lanjut dijelaskannya bahwa kebutuhan air bersih bagi warga masayarakat sudah disiapkan. Dan untuk bangunan – bangunan yang rusak akibat terjangan banjir akan segera diperbaiki.

Baca : Banjir Bandang Rendam Perumahan Warga di TTU

Untuk kebutuhan air bersih, dari pemda TTU telah menyiapkan 3 unit mobil tanki air guna membantu warga masyarakat. Dan Untuk rumah yang rusak akibat banjir, nanti besok kita bersama personil Polres TTU, TNI, BNPB dan dari Dinas Sosial akan membantu memperbaiki termasuk membangun tanggul penahan air.

Kapolres TTU, Robby Medianus Samban, menjelaskan kegiatan peninjauan lokasi bencana yang berjalan bersama pemerintah daerah setempat dan TNI yakni untuk meninjau kondisi masyarakat.

“Kami melakukan peninjauan lokasi untuk melihat langsung kondisi masyarakat korban bencana banjir”, kata Kapolres Robby Samban. Ia juga mengatakan, pihak kepolisian akan bekerjasama dengan semua pihak guna membantu meringankan penderitaan warga desa korban banjir. “Pihak kami akan terus bekerjasama dengan pemerintah setempat dan aparat TNI untuk membantu dan menyediakan lokasi pengungsian jika banjir masih belum reda”, tambahnya.

Dalam kunjungan di lokasi pengungsian yang sudah disiapkan, rombongan memberikan bantuan kepada korban banjir bandang untuk 85 KK yang berjumlah 123 jiwa yang ada di dusun Maubesi. Bantuan yang diberikan berupa, beras sebanyak 16 karung@50 kg, terpal 120 lembar, paket sembako, paket perlengkapan tidur, makanan dan makanan ringan. Dalam kunjungan ke lokasi pengungsian tersebut, para personil polres TTU dan personil TNI dibantu warga masyarakat juga membangun tenda-tenda darurat untuk korban bencana banjir.

Selain memberikan bantuan sembako, ketua Bhayangkari Polres TTU, Grace Samban bersama rombongan, dibantu sejumlah Polisi Wanita (Polwan), menghibur anak – anak korban bencana banjir dengan menciptakan permainan – permainan edukatif.

Setelah membagikan bantuan kepada korban bencana banjir di dusun Maubesi, selanjutnya Kapolres TTU bersama rombongan menuju ke dusun Maukita guna memberikan bantuan yang sama.