Anggota Korpri Dituntut Inovatif

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Para anggota Korpri haruslah melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa semakin murah, cepat, akurat dan baik. Anggota Korpri harus menghilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan menghambat akselerasi laju pembangunan nasional.

Demikian sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Plt Walikota Kupang, Johanna E.Lisapaly,SH,M.Si pada upacara peringatan HUT ke-45 Korpri Tahun 2016 di lapangan upacara Kantor Walikota Kupang, Selasa (29/11/2016).

Menurutnya, ketika bicara tentang pemberantasan korupsi dan pungli, kualitas pelayanan publik, kompetisi memenangkan kompetisi global dengan pelayanan publik yang prima, maka sesungguhnya anggota Korpri berada di garis depan perjuangan.

Ditambahkannya, agar Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang, maka rakyat membutuhkan anggota Korpri yang disiplin, bertanggung jawab dan berorientasi kerja.

“Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa dan mental koruptif yang hanya terpaku pada formalitas belaka,” tegasnya.

Karena itu sangat diharapkan agar para anggota Korpri untuk memfokuskan energi pada intisari dan pelayanan publik yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat. Anggota Korpri haruslah menjadi aset bangsa yang menjadi bagian dari solusi bangsa dan bukannya bagian dari masalah bangsa.

Baca : Pengadaan Logistik Pilwalkot Kupang Menunggu Sidang DKPP

Tema peringatan HUT ke-45 Korpri, ” Bersama Korpri Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara” menurutnya sangat tepat semangatnya dalam menyambut pesta demokrasi pemilihan umum kepala daerah serentak tahun 2017. Para anggota Korpri diajak untuk menjadikan momentum Pilkada serentak 2017 ini sebagai ajang ujian atas netralitas dan profesionalisme, ujian untuk menerapkan panca prasetya Korpri.

“Ingatlah bahwa pengabdian anggota Korpri bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu. Melainkan pengabdian anggota Korpri hanyalah kepada negara, bangsa dan rakyat,” imbaunya.

Disampaikannya, Korpri akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI. Dalam bentuk baru ini, fungsi pemerintahan yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi aparatur sipil negara, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perilaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Dia berharap Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI menjadi pusat inovasi dan tempat lainnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan, Korpri berperan menjaga kode etik profesi, standar pelayanan profesi dan mewujudkan jiwa Korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa.

Usai upacara Peringatan HUT Korpri, Plt. Walikota Kupang berkesempatan untuk menyerahkan hadiah bagi para juara lomba tarian daerah ja’i kreasi antar SKPD lingkup pemerintah Kota Kupang dalam rangka HUT ke-45 Korpri. RSUD SK Lerik berhasil merebut juara I dengan hadiah berupa piala tetap dan uang tunai Rp 7 juta. Tempat kedua diraih oleh tim dari PD Pasar yang memperoleh hadiah berupa piala tetap dan uang tunai senilai Rp 6 juta. Menyusul di tempat ketiga Badan KB & KS, juara Harapan I, Dinas Kelautan & Perikanan, Juara Harapan II, Dinas Kesehatan serta Juara Harapan III, Dinas Perhubungan. Selain penyerahan hadiah kepada para juara lomba tarian daerah ja’i kreasi, dilakukan juga penarikan 10 kupon berhadiah, dengan hadiah utama TV berwarna.