Sebelas Kecamatan Ikuti Sosialisai Pengelolaan Pasar Desa

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com, – Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Sumba Timur melakukan sosialisai pengelolaan pasar Desa kepada sebelas kecamatan di Kabupaten Sumba Timur di aula BPMD Kabupaten Sumba Timur, Jumat (18/11/2016).

Sosialisasi pengelolaan pasar Desa adalah terwujudnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang maju, mandiri dan sejahtera tanpa kehilangan jati diri.

“Ini cukup menarik kalau kita cermati respon Daerah dan perangkat Desa terhadap Undang-undang No.06 Tahun 2014 dan agenda Nawacita Presiden RI Joko Widodo adalah harapan besar bagi masyarakat sebagai warga Desa dan sebagai warga Indonesia,” kata Kepala BPMD Kabupaten Sumba Timur, Yacobus Yiwa,SH dalam acara pembukaan sosialisasi.

Baca: Warga Resah Ternak Kembali Berkeliaran Dalam Kota

Dia mengatakan, untuk mewujudkan pengelolaan pasar desa maka disusunlah program dan kegiatan yang mendukung pelaksanaan Bumdes yang pendiriannya diprakarsai oleh pemerintah Desa dan unit lain yang direncanakan dan dikelola oleh warga Desa.

“Jadi dengan adanya Bumdes di Desa maka masyarakat Desa dapat mengembangkan jenis-jenis usahanya yang ada di Desa dengan memanfaatkan potensi Desa,” jelasnya.

Lanjut dia, Bumdes lebih difokuskan kepada bidang yang sesuai dengan kepentingan ekonomi masyarakat Desa seperti, pasar Desa, cadangan pangan pemerintah Daerah, Meubeler, peternakan, pertanian dan usaha simpan pinjam.

“Melalui kegiatan sosialisasi pasar Desa ini diharapkan agar pemerintah Kecamatan, pemerintah Desa khususnya pengurus pengelola pasar Desa agar memperhatikan kebutuhan masyarakat agar terjangkau daya belinya untuk meningkatkan kesejahteraan rumah tangganya,” harapnya.