Pemda Belu Salurkan 32 Ton Raskin Tahap Pertama ke Dua Kecamatan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belu menyalurkan Beras Miskin (Raskin) alokasi bulan Januari sampai dengan Juni tahun 2016 ke Kecamatan Atambua Selatan dan Tasifeto Timur, Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.

Beras yang disalurkan sebanyak 32.760 kilogram. Adapun lokasi penyaluran raskin di Kecamatan Atambua Selatan yakni Kelurahan Fatukbot sebanyak 14.490 kg. Sementara itu Kecamatan Tasifeto Timur di Desa Fatuba’a sebanyak 8.460 kg dan Umaklaran 9.810 kg.

Pendistribusian perdana Raksin bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah dilepas secara simbolis oleh Sekda Belu, Petrus Bere didampingi Pimpinan Forkompinda, Asisten II, Kabag Ekonomi, Ka BPMD, Kepala Perizinan dan Kepala Bulog Atambua usai acara upacara peringatan Hari Pahlawan di lapangan umum, Kamis (10/11/2016).

Jelas Bere, distribusi raskin yang dilakukan hari ini ke dua Kecamatan merupakan tahap pertama dalam tahun 2016 kepada masyarakat Kabupaten Belu dan akan dilakukan secara bertahap.

Baca: Hari Pahlawan Bangkitkan Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air

“Menurut Bupati Belu bahwa beras miskin itu gratis dan hari ini sudah kita sebarkan beras raskin kepada masyarakat,” ujar dia kepada awak media.

Akui Bere, pendistribusian raskin hari ini sedikit mengalami keterlambatan. Hal itu dikarenakan masih dikaji regulasi dan APBD perubahan baru ditetapkan sehingga hari ini baru bisa kita eksekusi raskin kepada masyarakat.

Kesempatan itu Kepala Kantor Sub Divisi Regional Perum Bulog Atambua, Simon Melki Lakapu mengatakan, distribusi raskin hari ini ke Kecamatan Atambua Selatan yakni Fatukbot 14.490 kg, Kecamatan Tastim di desa Fatuba’a 8.460 kg dan Umaklaran 9.810 kg. “Jadi total raskin yang disalurkan hari ini ke dua Kecamatn sebanyak 32.760 ton,” urai dia.

Dikatakan, untuk Kabupaten Belu pagu raskin yang didapat jumlah rumah tangga sasaran (RTS) 12.891. Pagu perbulan 193.385 kg da pagu pertahun 2.320.380 kg. “Raskin yang disalurkan ini semester I bulan Januari hingga Juni tahun 2016,” ucap Lakapu.

Lanjut Lakapu, penyaluran raskin secara bertahap. Mekanismenya, rekomendasi dari Desa, Camat ke bagian Ekonomi dan setelah itu Ekonomi mengeluarkan rekomendasi untuk memerintahkan Bulog keluarkan raskinnya.