Penundaan DAU Hambat Proses Percepatan Cetak Sawah Baru

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Yohanis Tay Ruba mengakatan, upaya percepatan program cetak sawah baru di daerah tersebut masih terkendala penundaan anggaran dana alokasi umum (DAU) oleh pemerintah pusat.

“Saat ini program cetak sawah belum mencapai target karena masih terkendala penundaan anggaran dana alokasi umum dari pemerintah pusat,” katanya kepada NTTOnlinenow.com di Kupang, Jumat (28/10/2016).

Menurut Anis, program cetak sawah baru di daerah seperti Kabupaten Kupang, Ende, Manggarai Barat, dan Sumba Timur masih terkendala karena terjadi penundaan DAU hingga Desember 2016 mendatang.

Untuk percepatan program cetak sawah di daerah yang terkena penundaan DAU tersebut akan dilanjutkan lagi pada tahun 2017. Saat ini, progres program cetak sawah baru secara menyebar di 17 kabupaten di daerah itu mencapai 1.960 hektare.

“Capaian luas sawah baru tersebut, belum mencapai target secara keseluruhan yakni seluas 2.709 hektare dalam tahun 2016,” katanya.

Baca: Alumni SDK Putra-Putri & Don Bosko Gelar Reuni di Hari Sumpah Pemuda

Atas penundaan anggaran tersebut, Anis mengaku, pihaknya saat ini sedang melakukan rasionalisasi sehingga nantinya ketika anggaran tersebut sudah tersalurkan maka program tersebut sudah siap dilanjutkan.

“Kita berharap di awal tahun 2017 anggaran yang tertunda untuk beberapa kabupaten tersebut bisa disalurkan sehingga target cetak sawah baru bisa segera tercapai,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTT, Frans Salem mengatakan, penundaan DAU Tahun 2016 selama empat bulan terhitung mulai September hingga Desember ke daerah setempat mencapai Rp.240 miliar.

“Nilai DAU Kabupaten Ende yang ditunda penyaluran dari bulan September hingga Desember masing-masing Rp.11.538.089.786. Untuk Kabupaten Kupang dari bulan September hingga Desember masing-masing nilai DAU yang tertunda sebesar Rp.25.466.413.828,” katanya.

Dia menambahkan, nilai DAU yang tertunda untuk Kabupaten Sumba Timur bulan September hingga Desember masing-masing Rp.11.532.251.253 dan Kabupaten Manggarai Barat sebesar Rp.18.071.885.782 untuk setiap bulannya, terhitung September-Desember 2016.