Jelang 17 Agustus Pemprov NTT Gelar Berbagai Kegiatan

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-71, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan berbagai kegiatan, satu diantaranya yaitu Karnaval Budaya Flobamorata.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Humas Setda Provinsi NTT, Semuel Pakereng kepada wartawan saat menggelar jumpa pers, Rabu (10/8) di Kupang.

Menurut Pakereng yang juga mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas Setwan Provinsi NTT ini, seluruh rangkaian kegiatan itu direncanakan akan berlangsung selama kurang lebih sepekan terhitung sejak tanggal 12 hingga 21 Agustus 2016.

“Untuk kegiatan karnaval budaya Flobamora sudah dilaksanakan tanggal 9 Agustus kemarin. Kegiatan ini dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-71 tahun ini,” kata Pakereng.

Pakereng mengatakan, tema peringatan HUT ke-71 untuk Provinsi NTT tahun 2016 ini disesuakan dengan tema nasional yakni “Indonesia Kerja Nyata”.

Dia merincikan rangkaian acara kegiatan yang akan digelar mulai tanggal 12 Agustus yakni acara Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya XXX tahun, XX tahun dan X tahun, sekaligus pelepasan Pegawai Negeri Sipil Purna Bakti di lingkup provinsi NTT.

“Setelah itu ada kegiatan Bhakti Sosial dan Anjangsana yang mana akan dilakukan di Panti- Panti Asuhan yang ada di seputaran Kota Kupang. Selanjutnya acara Pembukaan Pameran Pembangunan, Lomba Krida dan Hiburan Rakyat,” ujarnya.

Sedangkan kegiatan pada tanggal 15 Agustus 2016 yaitu, Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Dharma Loka Kupang dan Upacara Pengukuhan PASKIBRAKA Tingkat Provinsi NTT Tahun 2016, serta Upacara Penyerahan Duplikat Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih.

“Pidato Gubernur Nusa Tenggara Timur dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan RI akan dilakukan pada hari Selasa, 16 Agustus 2016 pagi, dan malamnya pada pukul 23.45 Wita dilanjutkan dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Dharma Loka Kupang,” jelasnya.

Dia melanjutkan, pada tanggal 17 Agustus 2016 digelar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-71 RI dan Pengibaran Sang Merah Putih. Dilanjutkan dengan acara Penyerahan Remisi atau pengurangan hukuman bagi Narapidana di Lapas Klas II A penfui Kupang.

“Sorenya dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih, kemudian malamnya dilanjutkan dengan acara Resepsi Kenegaraan dalam rangka Peringatan HUT ke-71 RI di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT,” tandasnya.

Ditambahkannya, kegiatan pada tanggal 18 Agustus 2016 yakni Pawai Pembangunan dalam rangka Peringtan HUT RI ke-71, dan seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada tanggal 21 Agustus 2016 dengan acara Penutupan Pameran Pembangunan.