Jalin Silaturahmi, Satgas Yonif 742/SWY Coffe Morning Bersama Awak Media di Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/Satya Wira Yudha (SWY) menggelar Coffe Morning bersama awak media yang bertugas di wilayah Kabupaten Belu.

Kegiatan Coffe Morning dalam rangka mempererat sinergitas TNI Yonif 742/SWY dengan insan pers berlangsung di Mako Satgas, Sesekoe, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Sabtu (4/11/2023).

Acara Coffe Morning dihadiri oleh Dansatgas Yonif 742/SWY, Mayor Inf . Trijuang Danarjati, Wadansatgas Kapten Inf. Ahmad Fazri sejumlah wartawan dari media Online, Cetak, Radio maupun Televisi para Pasi serta Perwira.

Dansatgas Mayor Inf. Trijuang Danarjati menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan jurnalis yang bertugas di Belu yang telah memenuhi undangan Coffe Morning bersama Satgas Yonif 742/SWY.

“Peran media sangat penting, dan kami butuh dukungan. Sangat penting juga menjalin silaturahmi, hubungan dengan media di era digital saat ini untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat,” tegas Trijuang kepada awak media.

Dijelaskan, dalam satu tahun kedepan, Yonif 742/SWY akan melaksanakan tugas operasi sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur wilayah Kabupaten Belu dan Malaka terhitung sejak Oktober 2023 hingga Oktober 2024.

“Selain melaksanakan tupoksi menjaga kedaulatan NKRI, salah satunya kegiatan rutin yang dilaksanakan yakni, patroli patok batas negara guna antisipasi pergeseran pilar batas negara,” ujar dia.

Selain itu, program-program kerja Satgas Yonif 742/SWY yakni, rencana akan melaksanakan kegiatan dengan berkolaborasi bersama masyarakat, Imigrasi, Bea Cukai dan lintas sektor lainnya di perbatasan selama satu tahun kedepan dalam rangka pengamanan perbatasan.

Meski baru sebulan bertugas, di setiap pos Satgas telah melaksanakan sosialisasi terkait kebutuhan pupuk karena pupuk menjadi masalah dalam masyarakat dikarenakan harganya relatif tinggi. Salah satunya lakukan pengenalan pupuk dengan bahan dasar yang murah namun memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kita akan laksanakan kegiatan pembinaan khusus ketahanan pangan. Kegiatan pembinaan teritorial dengan tujuan mengajak masyarakat dalam rangka meningkatkan kemampuan maupun taraf hidup masyarakat dalam ketahanan pangan,” terang Trijuang.

Selain itu kegiatan pendidikan dengan menyasar sekolah-sekolah dan masyarakat. Dimana dalam aksi itu, selain peduli pendidikan, kita juga menanamkan jiwa nasionalisme kepada para murid dan masyarakat di wilayah perbatasan. Juga gencar kegiatan penyuluhan berkaitan dengan peningkatan kesehatan masyarakat.

Diharapkan kepada prajurit Satgas Yonif 742/SWY termasuk yang berada di 20 Pos sepanjang daerah Belu dan Malaka wilayah perbatasan RI-RDTL agar menjaga keharmonisan dengan masyarakat selama satu tahun kedepan.

“Untuk anggota sendiri kita harus baik baik dengan rakyat karena kita disini tanpa partisipasi dan bersama masyarakat, kita gak ada apa-apanya. Apabila ada anggota yang melanggar akan berikan sanksi yang berlaku sesuai ketentuan,” tandas Tri Juang.

Diakhir kegiatan tersebut, Dansatgas Yonif 742/SWY, Mayor Inf. Tri Juang memberikan plakat satuan kepada Pena Batas organisasi media di Belu sebagai bentuk menjalin silaturahmi sekaligus perkuat sinergitas di perbatasan RI-RDTL.