Asisten Latihan KASAD Tinjau Kesiapan Latgab 2023

Bagikan Artikel ini

Surabaya, NTTOnlinenow.com – Asisten Latihan Kepala Staf Angkatan Darat, Mayjen TNI Tri Winarno menggelar kunjungan kerjanya di Makodam V/Brawijaya, khususnya di Mako Yonif 516/CY. Kamis (20/07/2023) sore.

Kunjungan tersebut, dalam rangka meninjau kesiapan personel Kodam menjelang pelaksanaan latihan gabungan atau Latgab TNI dan Latma Super Garuda Shield 2023 yang nantinya akan berlangsung di Bondowoso, Jawa Timur.

Beberapa pembekalan diberikan langsung oleh Mayjen TNI Tri Winarno dihadapan prajurit Yonif Mekanis 516/CY. Pembekalan itu, berkaitan dengan instruksi langsung dari Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono.

“Latgab TNI ini adalah latihan yang menjadi pokok-pokok Panglima TNI dengan harapan memberdayakan Kogabwilhan yang meliputi Kogabwilhan I, Kogabwilhan II dan Kogabwilhan III. Titik terberat ada di Kogabwilhan II,” ujar Aslat KASAD.

Mayjen TNI Tri berujar, keterlibatan pasukan Angkatan Darat nantinya akan menjalankan misi operasi darat gabungan. Operasi itu, nantinya akan dipimpin langsung oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf.

“Kelanjutannya, nanti setelah persiapan operasi. Ada operasi udara, laut dan lain sebagainya,” jelasnya.

Perlu diketahui, pada pelaksanaan Latma TNI mendatang Mayjen TNI Farid Makruf mendapat amanah langsung dari Panglima TNI sebagai Pangkogasratgab. Pangkogasratgab sendiri, memiliki tugas memimpin berlangsungnya operasi tempur di wilayah darat.(***)