Mengenal Danger Prediction Saat Berkendara Agar Cari Aman Saat Di Jalan

Bagikan Artikel ini

Surabaya, NTTOnlinenow.com – Saat berkendara di jalan raya, banyak sekali hal-hal yang dapat terjadi dan berpotensi menimbulkan bahaya hingga berakibat fatal. Kecelakaan tidak akan terjadi begitu saja, tetapi kejadian yang tidak pengendara harapkan dapat terjadi berawal dari potensi-potensi bahaya yang menganggap tidak penting sebelumnya.

Berikut beberapa macam potensi bahaya yang perlu para bikers ketahui dan pahami agar #Cari_Aman saat dijalan sebagai berikut:

1. Bahaya langsung, yang merupakan jenis bahaya yang langsung berhadapan di depan pengendara. Dimana bahaya ini tidak memerlukan prediksi khusus, namun yang perlu dilakukan pengendara hanya menghindari potensi bahaya tersebut serta tetap fokus dan konsentrasi

2. Bahaya tidak langsung atau bahaya yang berada di samping pengendara dan diprediksi sesuai kebiasaan. Untuk jenis bahaya ini pengendara perlu bersiap dan memberikan tanda.

3. Bahaya Tersembunyi, dimana jenis bahaya ini tidak memberi tanda-tanda dan tidak terlihat, tetapi menjadi bahaya yang paling berpotensi menyebabkan kecelakaan dan beresiko sangat fatal apabila terjadi.

Agar berkendara aman dan nyaman, para bikers seharusnya membekali diri dengan pengetahuan tentang apa saja potensi bahaya yang dapat ditemui di jalan dan bagaimana cara mengatasinya.

Edukasi keselamatan berkendara juga bisa menggunakan alat peraga keselamatan berkendara Honda Riding Trainer (HRT) agar dapat berlatih teknik dasar berkendara dan meningkatkan pemahaman tentang keselamatan berkendara secara aman dan efektif.

HRT merupakan simulasi berkendara yang dilengkapi dengan visualisasi dilayarnya. HRT bukan hanya sekedar simulator dalam berkendara saja, namun juga alat yang merepresentasikan keadaan sesungguhnya di jalan raya.

Pengguna HRT dapat memilih jenis kendaraan yang akan digunakan seperti Matic, Cub atau motor Sport dan juga dapat memilih waktu berkendara seperti siang dan malam hari.

Selain itu para pengguna HRT bisa menemui berbagai kejadian yang terjadi di jalan raya seperti pejalan kaki yang tiba-tiba menyeberang, kendaraan yang tiba-tiba menepi dan berhenti, serta kendaraan yang tiba-tiba memutar arah dan masih banyak yang lainnya.

Pada akhir sesi HRT ini nantinya akan keluar hasil evaluasi berupa nilai dari pengendara dalam menjalankan kendaraan serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Untuk melatih prediksi bahaya, para bikers dapat meningkatkan soft skill berkendara menggunakan HRT. Dengan menggunakan HRT pengguna kendaraan roda dua dapat mengetahui dan memprediksi potensi bahaya, juga menguatkan teknik berkendara agar para bikers bisa tetap #Cari_aman saat berkendara. Silakan datang ke dealer Honda terdekat untuk merasakan sensasi berkendara di jalan raya secara virtual” Kata Hari Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim

HRT tersedia di 156 dealer Honda Jatim dan NTT. Dan sudah dimanfaatkan oleh ribuan masyarakat.