Penjabat Wali Kota Dorong Studi Banding ke Sekolah Unggul

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh,SH, minta para guru dan kepala sekolah negeri di Kota Kupang untuk melakukan studi banding dan belajar dari pola pembinaan yang sudah diterapkan di sekolah-sekolah swasta unggulan. Permintaan tersebut disampaikannya saat bertemu para kepala sekolah di Rumah Jabatan Wali Kota Kupang, Kamis (16/3), setelah melakukan kunjungan ke TK dan SD Canossa di Kelurahan Maulafa.

Dalam arahannya Penjabat menyampaikan sekolah-sekolah negeri di Kota Kupang harus berbenah diri, dengan cara belajar dari sekolah-sekolah unggul yang ada di Kota Kupang, seperti TK dan SD Canossa yang baru dikunjunginya serta sekolah lain yang sudah bilingual dan unggul dalam ketertiban dan kebersihan sekolah. George mengaku kagum dengan pola pendidikan di sekolah tersebut yang menurutnya sudah jauh lebih berkembang. Para siswa TK dan SD sudah menguasai percakapan sederhana dalam bahasa Inggris. Dia juga mengapresiasi ketertiban dan kebersihan sekolah tersebut.

Karena itu Penjabat minta para kepala sekolah negeri untuk tidak perlu malu dan ragu berkunjung ke sekolah-sekolah unggulan untuk belajar serta mengadopsi pola pendidikan dan pembinaan yang mereka terapkan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang diminta untuk membantu memfasilitasi agar sekolah-sekolah unggulan di Kota Kupang berkenan menerima kunjungan dan berbagi pengalaman. Dengan demikian diharapkan ada perubahan mindset baik pada pengajar maupun peserta didik dan pola pendidikan sekolah-sekolah di Kota Kupang bisa sejalan.

Selain penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa dunia, Penjabat juga minta para kepala sekolah untuk memberi perhatian serius pada kebersihan lingkungan sekolah, peningkatan disiplin dan kejujuran siswa serta penguasaan mata pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Sekolah Nusa Cendana International Pluss School (NCIPS) Kupang, Emanuel N. Huler, Kepsek SDI fatukoa, Der. Y. Kore, S.Pd, Kepsek SD GMIT Oepura, Sanci A. Kelin, S.Pd, Kepsek SDI Maulafa, Juliana Klaver, S.Pd dan Kepsek SDI Oepura 2, Antonia B. Geroda, S.Pd. Pertemuan bersama para kepala sekolah SD dan SMP Kota Kupang merupakan agenda rutin Penjabat Wali Kota Kupang setiap pagi hari Senin sampai Jumat, untuk memberi arahan sekaligus berdiskusi tentang upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kota Kupang. *PKP