Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Kunker ke Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB Diah Natalisa melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Selasa (19/4/2022).

Dalam kunker itu, Diah Natalisa didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Ibnu Ismoyo, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Christian Penna disambut Kepala Imigrasi Atambua K.A Halim dan Wakil Bupati Belu Aloysius Haleserens di Kantor Imigrasi Atambua.

Rombongan Deputi Diah Natalisa disambut oleh tarian adat tradisional Belu serta dilanjutkan dengan prosesi pengalungan kain tenun oleh Kepala Kantor Imigrasi Atambua. Selanjutnya meninjau pelayanan publik yang berada di Kantor Imigrasi Atambua.

Kemudian pengecekkan terhadap sarana dan prasarana di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua seperti layanan bagi pemohon disabilitas dan renta, layanan pengaduan, ruang bermain anak dan ruang menyusui.

Selain itu, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa memberikan pengarahan bagi seluruh pegawai Imigrasi Atambua terkait dengan roadmap pelayanan terhadap masyarakat.

Disampaika bahwa, dalam pelaksanaan survei kepuasan masyarakat bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Lebih lanjut ditekankan pula aspek ruang lingkup yang harus diperhatikan diantaranya, persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksanan, sarana/prasarana dan penanganan pengaduan, saran dan masukan.

Selesai kunjungi Kantor Imigrasi Atambua, Deputi Diah Natalisa didampingi rombongan meninjau Polres Belu sekaligus Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kaitan dengan pelayanan publik. Kemudian meninjau PLBN Mota’ain.

Kesempatan itu, Wakil Bupati Aloysius Haleseren mengakui bahwa masih banyak fasilitas yang kurang, namun dari sisi pelayanan, Belu tidak kalah dari daerah lain di Indonesia.

Dia juga mengakui perlu meningkatkan kualitas SDM di OPD-OPD sehingga pelayanan kepada masyarakat makin baik. Pemkab akan berupaya untuk melengkapi berbagai fasilitas layanan publik di berbagai OPD agar pelayanan publik yang diberikan makin baik.

“Perlu ada koordinasi yang baik antar OPD, sehingga ego lintas sektor dibuang jauh-jauh dan Pelayanan yang diharapkan masyarakat Belu tercapai,” pinta Aloysius.