Jalan Tani Tak Kunjung Diperbiki, Warga Oesao Swadaya Memperbaikinya

Bagikan Artikel ini

Oelamasi, NTTOnlinenow.com – Warga RT 39/RW 11 Kampung Baru Kelurahan Oesao Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, NTT melakukan aksi perbaikan jalan tani. Kegiatan swadaya masyarakat tersebut dilakukan, Sabtu (11/12), mengingat kondisi jalan tani yang rusak parah dan tidak ada upaya perbaikan dari aparat kelurahan setempat atau pemerintah daerah.

Mesker Kapitan salah satu warga yang melakukan kegiatan swadaya tersebut mengatakan bahwa jalan tersebut merupakan jalan tani yang sering digunakan warga umum maupun para petani perkebunann untuk membawa hasil kebun mereka ke pasar yang seharusnya menjadi perhatian pemerintah Daerah.

“Heran saja, jalan ini akses jalan tani sudah lama rusak parah.Jalan pernah di mendapat perhatian dari salah satu mantan anggota Dewan Kabupaten Kupang yang saat sudah menjadi anggota DPRD Provinsi, namun itu sudah cukup lama, dan sekarang sudah rusak parah kondisi jalan pengerasan ini,” jelasnya.

Diketahui bahwa jalan ini tersebut diperbaiki menggunakan hasil galang dana dari warga yakni per Kepala Keluarga Rp.100 ribu guna memesan tanah putih guna menutupi jalan-jalan yang sudah berlubang ini.Apa lagi musim penghujan saat kondisi jalan berlumpur dan berlubang.

“Kalau nunggu pemerintah, kamungkinan besar kami warga petani tidak bisa mengakses jalan ini, jadi kami coba untuk galang dana agar bisa memperbaiki jalan u ini.” Katanya.

Dikatakan, panjang jalan ini kisaran 1000 meter, dan banyak lahan pertanian diwilayah ini .
Sementara itu, Junet Kapitan menambahkan bahwa hasil galang dana tersebut ada 20 Kepala Keluarga yang ada disini berpartisipasi guna memperbikinya.

Perbaikan jalan yang dilakukan sesuai kondisi parahnya jalan dan keuangan yang ada.”Sesuai keuangan kami hanya mampu empat ret tanah putih untuk memperbiki jalan ini,” tuturnya.(*)