Pemkot Targetkan Akhir September Sudah 80 Persen Warga Kota Sudah Divaksinasi

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota Kupang targetkan akhir September mendatang, Herd Immunity atau 80 persen warga Kota Kupang sudah menerima vaksin covid-19 dosis pertama.

Wakil Wali Kota Kupang, dr Hermanus Man meminta agar masyarakat jangan bereuforia berlebihan, melihat angka cakupan vaksinasi yang tinggi dan dengan penurunan level III serta kasus positif covid-19 yang mulai menurun.

“Saya minta agar masyarakat tetap waspada dan mengikuti semua instruksi pemerintah dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat,” katanya.

Dia mengatakan, capaian cakupan vaksinasi di kota Kupang memang sangat membanggakan, pernah di Kota Kupang memiliki akses yang sangat mudah bagi masyarakat untuk pergi ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksinasi.

Selain itu, kata Herman Man, kesiapan tenaga kesehatan juga sangat mumpuni dan memadai untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan. Kota Kupang juga sangat mudah untuk mobilisasi sasaran penerima vaksin.

“Mulai dari TNI/Polri, Partai Politik dan semua stakeholder berperan aktif untuk membantu pemerintah mencapai herd immunity di kota Kupang dengan jumlah sasaran yang ditentukan. Kesadaran masyarakat kota Kupang untuk mau divaksin juga sangat tinggi, sehingga kami prediksi akhir september nanti herd immunity di Kota Kupang sudah terbentuk,” ujarnya.

Dia mengaku, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang targetkan akhir september nanti 80 persen masyarakat kota Kupang sudah menerima vaksin pertama, dan dosis kedua pada akhir November.

“Yang saya takutkan adalah euforia yang berlebihan dari masyarakat, yang akhirnya masyarakat abaikan protokol kesehatan dan angka Covid-19 bisa naik kembali,” kata Wakil Wali Kota Kupang dua periode ini.

Satgas Covid-19 Kota melaporkan, per sabtu (18/9), capain vaksinasi di Kota Kupang tahap pertama sudah mencapai 69, 95 persen atau 233.379 orang. Sementara vaksin kedua mencapai 42,05 persen atau 140. 322 orang.