Buka Gerai Vaksin Merdeka Rai Belu. Kapolres Khairul ; Sediakan 1.400 Vaksin Gratis Bagi Warga

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Resor (Polres) Belu membuka layanan Vaksinasi Merdeka Rai Belu berlokasi di halaman Klinik Pratama Mapolres Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Senin (9/8/2021).

Gerai vaksin guna mewujudkan herd immunity yang digelar Mapolres Belu menyediakan sebanyak 1400 vaksin Sinovac secara gratis untuk warga masyarakat umum dengan batas usia diatas 18 tahun.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh mengatakan, pelaksanaan vaksinasi secara gratis hari ini yang digelar Polres Belu selain wujudkan herd immunity juga kado bagi warga Belu di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2021 mendatang.

“Kegiatan dilaksanakan mulai hari ini dan terbuka untuk masyarakat umum diatas 18 tahun. Bagi masyarakat yang belum mendapat vaksin, bisa mendaftarkan diri di gerai vaksin merdeka Rai Belu ini,” ujar dia disela-sela meninjau pelaksanaan kegiatan vaksin.

Dijelaskan bahwa, dalam program Vaksinasi Merdeka Rai Belu ini pihaknya menyiapkan sebanyak 1.400 dosis vaksin jenis Sinovac. Nanti, dalam setiap harinya disediakan sebanyak 50 dosis atau lebih untuk melayani kebutuhan berbagai kelompok masyarakat yang berusia di atas 18 tahun.

“Kami siapkan 140 Vial atau 1400 dosis Vaksin Jenis Sinovac bagi warga secara gratis. Dari 140 vial ini akan kita bagi 2, untuk vaksinasi tahap I dan II. Pelaksanaan hari pertama ini, kami coba 50 dosis dulu. Kalau pelaksanaannya bagus dan lancar, hari berikutnya kita tambahkan pesertanya,” urai Khairul.

Dia berpesan kepada masyarakat yang sudah hadir menerima vaksin, agar sekembalinya ke rumah jangan lupa memberitahu sanak keluarga, kerebat dan teman-teman mereka yang belum vaksin sehingga bisa datang menerima vaksin secara gratis.

“Jumlah masyarakat yang divaksin harus terus ditingkatkan karena semakin banyak masyarakat yang memperoleh vaksin, kekebalan masyarakat akan tercipta,” ungkap Khairul.

Lanjut dia, tujuan dari kegiatan ini ialah untuk mendukung serta mempercepat target dari Pemerintah terkait pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap Covid-19.

“Kita berharap program ini dapat berjalan lancar serta banyak orang dapat terbantu menerima vaksin sebagai usaha memproteksi diri dari penyebaran Covid-19,” pinta Khairul

Diketahui, sebelum menerima vaksin para peserta atau masyakarat terlebih dahulu mengikuti tahapan seperti pendataan atau pengisian blangko oleh petugas kilinik Pratama, selanjutnya dilakukan observasi kesehatan atau screening. Pelaksanaan kegiatan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.