Jaksa Periksa Kerabat TSK Kades Birunatun, Yang Diduga Sembunyikan Harta Hasil Korupsi Dana Desa Dalam Proyek Fiktif

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Aparat penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Timor Tengah Utara (Kejari TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kini sedang menelusuri harta Kades Birunatun, Martinus Tobu untuk disita sebagai jaminan mengganti kerugian negara.

Harta Martinus Tobu disita aparat penyidik jaksa karena telah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi dana desa sejak tahun 2017 sampai 2020 sebesar Rp 1,3 miliar. Ia telah dijebloskan ke dalam ruang tahanan.

Yang membuat miris, pada tahun 2020 lalu, tidak ada satu pun program dana desa yang direalisasikan. Sementara dalam laporan pertanggungjawaban keuangan dinyatakan telah habis digunakan 100 persen.

Sebulan yang lalu, tim jaksa telah menggeledah rumah Martinus Tobu dan menyita beberapa harta bergerak dan tidak bergerak. Diantaranya setumpuk kuitansi jual beli emas yang diduga dikoleksi istrinya, dua unit mobil, 1 unit mesin cetak batako seharga Rp 15 juta ditambah 1 unit sepeda motor Honda Beat.

Selanjutnya, jaksa juga menyita beberapa lembar sertifikat tanah dan 2 bidang tanah masing-masing seluas satu hektar. Di atas tanah seluas 2 hektar itu ada pohon mahoni dan pohon jati yang siap untuk dijual.

Pada Kamis (10/6/2021) tim jaksa kembali menelusuri harta Kades Birunatun dengan cara menggeledah rumah anak kandungnya dan kerabat terkaitnya, yang diduga keras menyembunyikan harta Kades Birunatun, Martinus Tobu.

Dalam penggeledahan di rumah anak kandungnya bernama Gibradus Mesak, jaksa berhasil menyita satu unit laptop yang berisikan laporan penggunaan dana desa sejak tahun 2017 sampai 2020, ditambah beberapa dokumen penting lainnya.

Penggeledahan dipimpin oleh Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari TTU, Andrew Keya, dan Kasi Barang Bukti, Rezza Faundra Afandi.

“Kami menghimbau anak dan kerabat dekat yang menyembunyikan aset maupun harta kekayaan Kades Birunatun, Martinus Tobu, supaya segera disampaikan dan dilaporkan kepada jaksa. Sebab jika ada yang terbukti menyembunyikan, akan ditangkap dan diproses hukum,”, tegas Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari TTU, Andrew Keya.

Keterangan Foto : Tim jaksa sedang menggeledah rumah Gibradus Mesak, anak kandung dari Martinus Tobu, Kades Birunatun,, Kamis (10/6/2021). Sebab diduga Kades Birunatun menyembunyikan aset dan harta kekayaannya di rumah anak kandungnya. Foto : Dok. Kejari TTU