Generasi Muda Terus Junjung Tinggi Falsafah Pancasila

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 dilaksanakan secara virtual oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu, wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Selasa (1/6/2021) pagi.

Hari lahir Pancasila adalah momentum untuk seluruh bangsa Indonesia senantiasa berbuat, berperilaku dan bekerja dengan caranya masing-masing dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

Pasalnya, Pancasila merupakan falsafah negara Republik Indonesia dan filosofi dalam kehidupan berbangsa. Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa.

Wakil Bupati Belu, Aloysius Haleserens mengatakan, tanggal 1 Juni 2021 hkita mengenang kembali hari lahir Pancasila. Seluruh bangsa Indonesia senantiasa berbuat, berperilaku dan bekerja dengan caranya masing-masing tetapi semua itu tetap berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila yang merupakan falsafah negara Republik Indonesia.

“Hari ini semua anak bangsa mengenang kembali nilai-nilai yang digali oleh Ir. Soekarno dan semangat itu sebetulnya sudah mulai berbenih disaat beliau dibuang ke Kabupaten Ende pada tahun 1934,” ujar dia.

Aloysius menuturkan, khusus untuk generasi muda sebagai penerus bangsa, Wabup berpesan agar harus senantiasa menjunjung tinggi falsafah Pancasila yang didalamnya terkandung nilai-nilai luhur bangsa.

Lanjut mantan Kepala Kesbangpol Belu itu, sebagai generasi penerus harus senantiasa menjunjung tinggi, mentaati dan mengamalkan dari waktu ke waktu sebagai wujud ucapan terima kasih kepada para pejuang pendahulu.

“Jadi sekali lagi, saya menghimbau kepada seluruh warga Belu dalam bekerja dan bermasyarakat senantiasa berlandaskan ideologi Pancasila yang menjadi filosofi bangsa kita,” harap Aloysius.