Personel Kodim 1605/Belu Bersihkan Sumur Warga Pasca Terendam Banjir

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Betun, NTTOnlinenow.com – Selain merendam pemukiman warga, banjir bandang yang melanda wilayah Kabupaten Malaka pekan lalu mengakibatkan juga seluruh sumur air milik warga ikut tidak bisa digunakan lantaran terendam lumpur dan airnya kotor.

Menanggapi hal itu, Personel TNI dipimpin Dandim 1605/Belu didampingi Danramil Betun, Danramil Kobalima, Pasiter Kodim melakukan pengurasan pada sumur warga serta membersihkan sisa lumpur dalam sumur pasca banjir bandang.

Menurut Dandim Letkol Inf Wiji Untoro, kondisi sumur warga cukup memprihatinkan, air kotor dan lumpur yang masuk membuat sumur menjadi keruh dan tidak layak untuk digunakan.

“Luapan air kotor disertai lumpur masuk ke dalam sumur sehingga menyebabkan kondisi air sumur warga cukup memprihatinkan,” ujar Wiji, Senin (12/4/2021).

Jelas dia, pengurasan sumur yang dilakukan ini sebagai upaya untuk membersihkan kembali air sumur warga pasca banjir. Pengurasan ini dengan menggunakan mesin pompa untuk mengisap lumpur yang mengendap didalam sumur.

“Kepada Babinsa telah saya instruksikan untuk cek kondisi sumur warga dan saat ini ada sekitar 10 titik sumur warga yang dikuras dan dibersihkan dan kita berharap setelah dilakukan pengurasan warga dapat kembali menggunakan sumur mereka seperti sediakala,” kata Wiji.

Yovita Balok salah satu pemilik sumur di Dusun Manubai Timur, Desa Naimana, Kecamatan Malaka Tengah mengatakan air sumur mereka sangat kotor sekali dan tidak bisa dipakai untuk mandi, memasak bahkan mencuci pakaian.

“Untuk keperluan masak, minum dan mencuci kami ambil airnya dari mobil tangki. Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada TNI yang telah memperhatikan keadaan kami, berikan bantuan dan bersihkan sumur yang kotor,” tutur Yovita.