Dinas P dan K Kota KupangTunggu Petunjuk Lanjutan Kementerian Soal Sekolah Tatap Muka

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Pusat telah memberi warning sekolah-sekolah sudah mulai proses belajar mengajar tatap muka pada juni mendatang. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Kupang, mengaku masih menunggu petunjuk lanjutan dari kementrian atas penyelenggaranya itu, sembari mempersiapkan protokol kesehatan di sekolah masing-masing.

Kepala Dinas P dan K Kota Kupang Djumul Djami kepada wartawan mengaku belum bisa memastikan penyelenggaraan belajar mengajar tatap muka. Pihaknya saat ini masih berpedoman pada Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Mentri.

“Persiapan kita sudah sejak januari, terkait protokol kesehatan di sekolah-sekolah, sehingga kita masih menunggu keputusan lanjutan dari kementrian terkait pelaksanaan belajar mengajar tatap muka. Tapi untuk saat ini, kami masih berpedoman pada SKB tiga Mentri itu, dan saat ini masih berlaku,” katanya.

Karena keputusan lanjutan belum dikeluarkan kementrian, kata dia, maka dinas P dan K Kota tetap mengikuti SKB tiga Mentri itu. Berdasarakan SKB tiga mentri itu, kegiatan belajar mengajar boleh bisa dilakukan jika daerah tersebut berada dalam zona hijau atau kuning penyebaran covid-19.

Djumul melanjutkan, sembari menunggu petunjuk lanjutan, persiapan-persiapan sudah dilakukan. Persiapan itu antara lain, membuat daftar periksa protokol kesehatan di sekolah masing-masing.

Pihaknya, kata dia, sudah menyampaikan kepada sekolah-sekolah untuk mempersiapkan perlengkapan prokes kesehatan, diantaranya, persiapan ruangannya, handsanitezer, tempat cuci tangan, sabun, tisu dan alat pengukur suhu badan.

“Pada prinsipnya, kita masih menunggu surat keputusan atau regulasi dari kementrian pendidikan. Jangan sampai kita salah langkah,” katanya.

Djumul juga belum bisa memastikan soal pembatasan kapasitas siswa dalam ruangan, apabila sudah ada keputusan belajar mengajar tatap muka. Semuanya menunggu keputusan resmi mentri pendidikan.