Hujan Deras Disertai Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Longsor di Wilayah Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL sejak malam mengakibatkan bencana di beberapa titik, Minggu (4/4/2021).

Informasi yang dihimpun, cuaca ekstrim sejak malam membuat sejumlah pohon tumbang seperti pohon di alun-alun lapangan umum, pohon di jalur simpang tiga SDK 1 Atambua dan pohon tua di jalur Atapupu depan Paroki Atapupu.

Selain pohon tumbang, hujan deras dan angin kencang juga timbulkan bencana tanah longsor yang mengakibatkan satu unit rumah warga di Manubaun, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Masak mengalami rusak berat.

Kepala Dinas PUPR Belu, Eng Laka bersama tim langsung terjun ke lokasi bencana guna mengevakuasi pohon yang tumbang serta lokasi tanah longsor guna evakuasi Carlito warga korban yang rumahnya rusak berat.

“Pohon tumbang di lapangan umum, depan SDK 1 dan jalur depan Gereja Atapupu. Kita langsung turun lokasi dan pohon yang tumbang sudah dibersihkan,” terang dia.

“Untuk penanganan pohon tumbang di depan gereja Atapupu kita bersama prjaurit TNI warga setempat,” tambah Eng.

Lanjut Eng, di lokasi bencana longsor Manubaun, satu unit rumah warga setempat rusak berat. Ada pergerakan tanah sekitar 10 meter di bawah rumah dan mengancam rumah warga lainnya.

“Ya ada pergerakan tanah sekitar 10 meter di bawah rumah. Kondisi itu mengancam yang lain dan rumah longsor lumayan rusak berat. Pemilik rumah dan barangnya sudah langsung dievakuasi tadi,” ujar dia saat di lokasi bencana.