RSUD SK Lerik Telah Miliki Alat CT-Scan

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK Lerik saat ini sudah memiliki alat CT scan dengan kualitas yang lebih baik, yakni CT Scan 128 slice. Kehadiran alat ini, disebut Walikota Kupang sebagai hadiah awal tahun sekaligus kabar gembira bagi masyarakat Kota Kupang.

“Alat ini memiliki keunggulan mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik dengan kontras yang lebih tajam. Waktu pemeriksaan yang singkat. Dosis radiasi yang rendah jika dibandingkan dengan CT Scan lain sehingga aman bagi pasien baik dewasa maupun anak-anak,” kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore kepada wartawan.

Walikota berharap ketersediaan fasilitas itu dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih cepat dalam hal pemenuhan diagnosa penyakit karena tidak perlu lagi dilakukan rujukan ke RS lain bahkan ke luar daerah.

“Boleh dibilang bahwa ini juga merupakan hadiah dari pemerintah kepada masyarakat pada tahun 2021 ini,” katanya.

Walikota juga menyebut ketersediaan Alat CT Scan itu, merupakan jawaban kepada masyarakat kota Kupang yang selama ini memiliki harapan bersama agar bisa tersedia alat CT Scan di Rumah Sakit Pemerintah Kota Kupang.

Jefri berkomitmen untuk terus mewujudkan harapan masyarakat dalam mendapat akses pelayanan kesehatan dengan baik dan maksimal di tahun 2021 ini. Pemerintah akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan melengkapi sarana dan prasarana serta fasilitas kesehatan lainnya yang dibutuhkan.

“Tahun 2021 ini juga akan ada pembangunan fisik di rumah sakit, sehingga diharapkan agar benar-benar ada perbaikan dan peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Kupang, melalui rumah sakit pemerintah yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Kupang,” ujarnya.

Sementara itu, Direktris RSUD S.K Lerik Kota Kupang, Marsiana Halek menambahkan, CT Scan merupakan salah satu kebutuhan dasar rumah sakit untuk menunjang pelayanan.

Alat itu, sebut dia, digunakan untuk mendeteksi berbagai kelainan penyakit di seluruh bagian tubuh manusia dari kepala sampai kaki, bahkan saat terjadi keadaan darurat.

“Misalnya saat korban tidak sadarkan diri, maka CT Scan bisa membantu diagnosis secepatnya agar tenaga medis atau dokter dapat mengambil tindakan secepatnya,” katanya.

keunggulan CT Scan 128 slice ini juga, sebut dia, mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik dengan kontras yang lebih tajam. Waktu pemeriksaan yang singkat. Dosis radiasi yang rendah jika dibandingkan dengan CT Scan lain sehingga aman bagi pasien baik dewasa maupun anak-anak.

CT Scan ini, lanjut Halek, merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan meningkatnya sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat Kota Kupang.

Marsina mengatakan, di tahun 2021 ini, pihaknya juga mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat untuk pembangunan ruang rawat inap, pengadaan alat kesehatan dan mobil ambulance, di samping melanjutkan bantuan Pemerintah Pusat berupa BABUN pada tahun 2020. (NTT-YM)