Inspektorat Belu Lakukan Pemeriksaan Terhadap Desa, Sekolah dan Puskesmas

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Inspektorat, Kabupaten Belu tengah melakukan pemeriksaan reguler rutin terhadap beberapa Desa, Sekolah dan Puskesamas di Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

“Ada beberapa desa yang memang saat ini kita periksa, bukan hanya desa tapi ada juga Sekolah dan Puskesmas,” ujar Inspektur Inspektorat Belu, Jossetiyawan Manek, Senin (16/11/2010).

Menurut dia, pemeriksaan reguler itu dilakukan terhadap 8 Desa, 8 Sekolah dan 4 Puskesmas tanpa membeberkan nama Desa, Sekolah dan Puskesmas dimaksud.

Jelas Iwan yang akrab disapa, pemeriksaan jelang Pilkada Belu tanggal 9 Desember tidak ada kaitan dengan politik, namun ini sebagai suatu pembinaan. “Jadi periksa ini bukan cari hal. Ini sifatnya biasa, tugas pembinaan, tidak ada hal khusus,” terang dia.

Ditegaskan bahwa, apabilah ada indikasi kaitannya ke Politik yang dilakukan Inspektorat bukan lagi pemeriksaan reguler tapi sudah pada Pemeriksaan Khusus (Piksus). “Kalau dari sisi politik kecuali Piksus ( Pemeriksaan Khusus). Kalau reguler itu lebih pada pembinaan,” ujar dia.

Namun demikian terkait pemeriksaan Khusus tersebut, sesuai prosedur dilakukan melalui koordinasi dengan Pihak dari Dinas Pemerintahan Desa (PMD) sebagai ibu kandung dari Desa



“Piksus itu beda, berarti kita koordinasi dulu dengan pihak PMD tapi kalau reguler ini biasa hanya pembinaan,” sebut mantan Camat Atsel itu.

Sementara sesuai informasi yang dihimpun media, salah satu Desa yang di periksa inspektorat adalah Desa Renrua di Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

” Iya benar kita ada pemeriksaan Inspektorat, pemeriksaan berkas SPJ dari 2018 – 2019,” kata Kades Renrua Eduardus Bau ketika dihubungi media.

Jelas mantan wartawan itu, selain Pemeriksaan berkas Inspektorat juga melakukan pengukuran terhadap kegiatan fisik jalan yang ada di Desa Renrua

“Mereka juga turun ukur fisik di lapangn, jadi nanti kita tunggu saja nanti klarifikasinya seperti apa,” tutup Erwin sapaan akrab Kades Renrua itu.