Serka Januar Babinsa Jenilu Koramil Atapupu Panen Anggur Hasil Budidaya

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Babinsa Koramil 1605-02/Atapupu, Serka Januar Sasoeng Babinsa melaksanakan kegiatan panen anggur hasil budidayanya di Atapupu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Menurut Januar, dirinya membudidayakan tanaman anggur di pekarangan rumah ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sebab Desa Jenilu ini memiliki beberapa objek vital seperti pelabuhan dan jalur utama menuju pintu perbatasan RI-RDTL.

“Selain itu juga sebagai jalur pariwisata karena setiap hari libur banyak masyarakat yang datang untuk berlibur di tempat wisata,” ujar dia.

Oleh karena itu, dirinya mengembangkan tanaman anggur ini sebagai ciri khas wilayah daerah atapupu karna saya melihat hal ini dapat menambah perekonomian masyarakat.



“Karena di Silawan Babinsanya telah berhasil maka dari itu saya mengajak masyarakat di atapupu untuk mengembangkan anggur ini,” kata Januar.

Masih menurut dia, di saat seperti ini dalam situasi pandemi ini daripada kita berjalan tidak mempunyai arah. Maka dari itu saya mengajak masyarakat binaan saya untuk membudidayakan anggur sebagai penunjang ekonomi keluarga karna atapupu ini memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa untuk dikelola seperti laut.

Akui Januari, dirinya bersyukur karena apa yang saya lakukan ini telah diikuti oleh masyarakat dan bukan hanya masyarakat disini saja tapi saya juga sedang melaksanakan kontrak dengan konsumen dari Kabupaten TTS yang telah membeli anakan bibit anggur sebanyak 40 anakan dan kedepan mereka juga telah memesannya.

“Selain itu juga saya memanfaatkan pekarangan rumah saya dengan menanam tanaman cabe, tomat, terong yang mana manfaatnya sangat bagus sekali untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga karna ada beberapa pembeli yang datang untuk membeli,” ungkap Januar.