Pemkot Kupang Segera Salurkan Dana Rehab Rekon

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota, atau Pemkot Kupang segera menyalurkan dana Rehab Rekon bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat angin puting beliung beberapa waktu lalu. Kucuran dana bersifat stimulus itu, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam membangun rumahnya kembali.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, atau BPBD Kota Kupang, Jemmy Didok mengatakan, para penerima bantuan stimulus pembangunan kembali rumah itu, sudah selesai dilakukan verifikasi, tinggal menunggu proses pencairan dana.

Jemmy Didok merinci, sebanyak 483 rumah warga yang rusak akibat angin kecang itu. Ratusan rumah itu, tersebar di delapan kelurahan, antara lain, Kelurahan Fatukoa, Bello, Lasiana, Kampung Solor, Alak dan Kelurahan Tuak Daun Merah, atau TDM.

Jemmy mengaku, terdapat tiga kategori kerusakan yang mendapatkan bantuan dari pemerintah, antar lain kategori rusak ringan, sedang dan Berat. Besaran bantuan berdasarkan pada kategori ini.



Sesuai peraturan Walikota, atau Perwali kata Jemy, rumah yang dalam kategori rusak ringan, mendapatkan bantuan sebesar Rp2,5 juta, rusak sedang Rp5 juta dan rusak berat Rp7 juta.

Jemi menegaskan, bantuan tersebut bersifat stimulus untuk merangsang masyarakat membangun kembali rumahnya. Pemerintah tidak menanggung secara keseluruhan biaya pembangunan rumah yang rusak akibat angin kencang itu.

Dia mengaku, sejumlah kelurahan kerap mengirimkan data korban terkena dampak bencana itu dengan estimasi biaya mencapai puluhan juta. Hitungan itu berdasarkan kerugian ril yang timbul. Padahal dana pembangunannya itu hanya bersifat stimulan, jadi tidak semua estimasi biaya itu kemudian diakomodir.

Jemy berharap, bantuan yang disalurkan pemerintah itu, benar-bebar bermanfaat untuk masyarakat dalam meringankan beban mereka. Meskipun tidak secara keseluruhan, namun biaya stimulus itu, diharapkan bisa merangsang mereka agar segera membangun kembali rumah yang rusak akibat angin kencang beberapa waktu lalu. (NTT-YM)