Kodim 1605/Belu Kampanye Cegah Covid-19 Lewat Lomba Grafiti

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kodim 1605/Belu melakukan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif TW IIII tahun 2020 melalui pelaksanaan lomba grafiti kampanye cegah Covid-19, Jumat (25/9/2020).

Kegiatan Komsos Kreatif mengusung tema Pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM), Kreatif, Inovatif dan Adaptif.

Lomba grafiti sehari diikuti belasan warga dan anggota Yonif RK 744/SYB terpusat di tembok terminal bayangan depan Kantor Lurah Fatukbot, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Dalam kegiatan lomba grafiti, Anggota TNI-PNS Kodim 1605/Belu juga melakukan pembagian masker pada warga pejalan kaki dan pengemudi kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang melintas jalut trans Timor jurusan Atambua-Kupang itu.

Kegiatan lomba grafiti dengan tema Covid-19 bertujuan untuk memberikan edukasi atau himbauan kepada warga masyarakat sekaligus juga untuk mengkampanyekan bahaya virus Covid-19 di perbatasan Belu dengan Timor Leste.

“Tujuan lomba grafiti ini selain kampanyekan cegah Covid-19 juga menyalurkan bakat seni masyarakat termasuk Anggota,” ujar Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Wiji Untoro di sela-sela kegiatan.



Dikatakan bahwa, moment kegiatan lomba grafiti dengan tema pencegahan Covid ini agar sadar bahwa covid itu ada penanganannya, bagaimana warga menyadari gunakan masker.

“Sehingga Belu yang masih hijau ini tetap terjaga dari wabah Covid-19. Karena itu warga harus sadar untuk taati protokol Covid-19,” ujar dia.

Jelas Wiji, lokasi kegiatan lomba sengaja dipilih di jalur utama atau keramaian, sehingga warga akan melihat dan secara psikologi akan sadar mentaati protokol Covid-19.

“Makananya lokasi lomba kita pilih di jalan utama sehingga warga lihat ada gambar kampanye Virus Corona,” sebut dia.

Masih menurut Wiji, kegiatan lomba hari ini tahap pertama dan akan berlanjut kegiatannya. Selain lokasi ini, lomba serupa akan dilaksanakan dengan lokasi di alun-alun kota Atambua.

“Kepada warga Belu tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19, sadar tentang menggunakan masker, jaga jarak dan hindari keramaian,” himbau Wiji.