Wujud Sinergitas, Personil Baja, Taja Kodim 1605/Belu Apel Bersama Personil Polres Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Personil Bintara Remaja (Baja) dan Tamtama Remaja (Taja) Kodim 1605/Belu menggelar apel bersama personil Polres Belu bertempat di lapangan Mapolres Belu, Rabu (2/9/2020).

Apel bersama dalam rangka perkenalan Anggota Baja dan Taja sekaligus wujud sinergitas personil dua instansi di Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Dandim 1605/Belu Wiji dalam arahannya menyampaikan, dirinya tidak sendiri datangi Polres Belu tetapi bersama dengan anggota Bintara remaja dan Tamtama remaja yang baru.

Jelas dia, tidak ada maksud lain selain ingin memperkenalkan diri kepada seluruh rekan-rekan Polres Belu sehingga saling mengenal satu sama lain dengan para baja dan taja yang di mana mereka akan ditempatkan Babinsa yang bertugas di wilayah.

“Para anggota baru Baja dan Taja ini akan ditempatkan sebagai Babinsa di setiap koramil dalam wilayah tugas Kodim Belu,” terang Wiji.

Diharapkan, dengan adanya perkenalan satu sama lain ini, sehingga didalam pelaksanaan tugas di lapangan nanti tidak berjalan sendiri-sendiri tetapi saling membantu satu sama lain. Saling berkomunikasi dan bekerjasama terutama pada saat ini dalam situasi Covid-19 ini.

“Kita sebagai TNI-Polri merupakan pelopor di lapangan yang saling sinergitas bahu-membahu untuk memberikan edukasi pendisiplinan kepada masyarakat tentang bahaya Covid,” pinta dia.

“Jangan berjalan sendiri-sendiri tetapi saling bergandengan tangan satu sama lain. Jangan menganggap bahwa kita beda institusi, tetapi kita adalah sama-sama aparat kewilayahan yang bertugas di dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan ini,” sambung Wiji.

Sementara itu Wakapolres Belu, Kompol Herman Bessie menuturkan, dirinya kagum, bangga dan juga salut kepada Dandim 1605/Belu atas terselenggaranya kegiatan ini apel bersama personil Baja dan Taja dengan personil Polres Belu.



Dikatakan bahwa, hal ini menunjukkan bahwa sinergitas TNI-Polri di daerah perbatasan Belu ini terjalin dengan begitu baik. Ini merupakan suatu hal yang luar biasa dua institusi dan terkenal di Republik Indonesia.

“Khususnya di wilayah perbatasan dan Timor Leste ini melaksanakan suatu kegiatan yang baru pertama kali di adakan di kabupaten belu ini yaitu silahturahmi saling mengenal satu sama lain,” ucap dia.

Lanjut Bessie, perlu diketahui bahwa kunci sukses TNI-Polri dalam menjalankan tugasnya adalah 3S yakni, senyum, sapa dan salam.

“Karna itu tetap membangun sinergitas dan solidaritas yang aktif dan Selamat datang di wil belu, silahkan kita saling salam sapa dan senyum karna itu adalah obat yang paling mujarab,” pinta Wakapolres itu.

Tambah Danramil 1605-01/Atambua Mayor Kav Yatman bahwa, kegiatan hari ini adalah dalam rangka memperkenalkan diri sebagai warga baru dan tidak ada tendensi lain.

Diingatkan bahwa, sinergitas TNI-Polri di Kabupaten Belu ini sudah terjalin dengan baik dan dengan masuknya kalian sebagai anggota baru di kodim ini diharapkan tetap menjaga sinergitas TNI-Polri yang sudah terjalin selama ini.

“Tugas kita membantu kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan ini. Karena itu ketika kalian telah ditempatkan sebagai Babinsa di wilayah binaan selalu jalin hubungan komunikasi yang baik dengan rekan-rekan Polri,” pesan Yatman.

Hadir dalam giat itu, Pasi Intel Kodim 1605/Belu, Pasi Ops Kodim 1605/Belu, Kabag Ops Polres Belu, Para Kabag dan Kasat Polres Belu, Anggota Baja dan Taja Pra Babinsa Kodim 1605/Belu serta Anggota Polres Belu peserta apel.