Satgas Yonif Raidersus 744/SYB Patroli Patok Batas Negara RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider Khusus 744/SYB Pos Kewar secara rutin melaksanakan patroli patok di wilayah perbatasan antar dua negara.

Seperti yang dilakukan oleh prajurit Pos Kewar, Kecamatan Lamaknen Kabupaten wilayah Timor Barat yang melakukan patroli patok batas negara Indonesia dengan Timor Leste.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian dalam rilisnya, Selasa (25/8/2020).

Satgas Yonif Raidersus 744/SYB Patroli Patok Batas Negara RI-RDTL

Dikatakan, dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI Satgas Pamtas RI-RDTL berkewajiban memastikan batas-batas wilayah negara untuk tidak berseger, rusak ataupun hilang akibat ulah manusia maupun faktor alam.



Dansatgas menuturkan, kegiatan tersebut secara rutin kami lakukan selain bertujuan memastikan batas wilayah dengan melaksanakan patroli patok batas negara.

“Selain itu diharapkan juga dapat mencegah terjadinya aksi penyelundupan dan pelintas batas ilegal di sepanjang perbatasan yg menjadi tanggungjawab Satgas Pamtas Yonif 744/SYB dalam hal ini wilayah pos Kewar termasuk kegiatan pelanggaran perbatasan lainya,” terang Alfat.

Sementara itu Danpos Kewar Ltd Inf Obed Nego Talle menyampaikan patroli yang rutin di laksanakan sejak awal bertugas hingga saat ini dinilai efektif dalam mencegah aktivitas peredaran barang terlarang dan Ilegal yang masuk melalui jalan-jalan tikus di perbatasan RI-RDTL.

“Semoga dengan rutinnya dilaksanakan patroli patok tersebut tidak ada patok yang bergeser, rusak ataupun hilang yang menjadi batas kedua negara antara Indonesia dan Timor Leste baik akibat ulah manusia maupun faktor alam karena tujuan kita disini adalah selalu menjaga kedaulatan dan kewibawaan NKRI di mata negara-negara di dunia,” tutup dia.