AKBP Cliffry S. Lapian Pamit Tinggalkan Polres Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – AKBP Cliffry Steiny Lapian pamit tinggalkan Polres Belu setelah digantikan Pejabat Baru AKBP Khairul Saleh sebagai Kapolres Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Kurang lebih 8 bulan sejak November 2019 lalu AKBP Cliffry Lapian jabat Kapolres Belu dimutasikan ke Mabes Polri menjabat Kasubbagsunprogar Bagprogar Rojianstra Sops Polri.

Sementara itu, Pejabat Baru AKBP Khairul Saleh sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Sumba Barat.

Pejabat lama AKBP Cliffry dalam laporan kesatuannya, Jumat (14/8/2020) di Aula Mapolres memaparkan secara garis besar Situasi Kamtibmas Polres Belu selama 2020, situasi kesatuan, situasi perbatasan RI-RDTL, sarana prasarana, anggaran dan kesiapan Pilkada 2020 mendatang.

Adapun kegiatanaporan kesatuan yang digelar dihadiri Wakapolres, Kompol Herman Bessie, para Kabag, Kasat, Perwira staf, para Kapolsek serta Kapolsubsektor jajaran.

Dituturkan bahwa, wilayah Belu mempunyai 12 kecamatan, 81 desa dan berbatasan langsung dengan darat dan laut dengan negara Timor Leste dengan panjang garis perbatasan darat sepanjang 149,1 KM.

Lanjut Mantan Kapolres Belu itu, untuk gangguan kamtibmas yang umum terjadi di wilayah Belu yakni, kasus penganiayaan, pengeroyokan, KDRT, kejahatan terhadap anak dan pencurian biasa.

Sementara dalam pelaksanaan tugas khususnya dibidang harkamtibmas lanjut AKBP Cliffry, Polres Belu didukung 1 Kompi Brimob Subden 2 Den A, Kodim 1605 Belu, Yon Raider Sus 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL, Kavaleri, Subden POM Atambua serta instansi terkait lainnya.

“Polres Belu mempunyai 7 Polsek dan 15 Polsubsektor terdiri dari 9 pos batas, 4 pos pol dan 1 kp3 laut. Namun ada 6 Polsubsektor yang belum ada bangunan dan sarana prasarana,” terang Cliffry.



Dikatakan, dengan keterbatasan anggota dan sarana prasana, Polres Belu tetap maksimal dalam pelayanan kepada masyarakat dan telah siap melaksanakan pengamanan Pilkada 2020 yang dihelat mulai September hingga Desember 2020.

Kesempatan itu, Pejabat Baru Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh menyampaikan terima kasih kepada Pejabat lama, atas prestasinya memajukan Polres Belu baik dalam hal pembinaan maupun operasional.

“Kepada seluruh anggota Polres Belu agar mampu mempertahankan apa yang sudah dicapai oleh Pejabat lama,” ucap dia.

Dituturkan, untuk mempertahankan atau meningkatkan yang sudah ada diminta seluruh anggota agar mendukung tugas-tugas yang akan di embannya sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan maksimal.

Dikatakan, mendengar Lapsat yang sudah disampaikan, tentunya ini menjadi masukan bagi saya secara pribadi dan untuk Polres secara umum. Ini akan menjadi pegangan buat Saya dalam menjalankan amanah sebagai Kapolres Belu khususnya dalam mengambil langkah dan kebijakan.

“Tentu apa yang sudah dijalankan selama ini, kita tingkatkan serta dipertahankan sehingga menjadi kemajuan di Polres Belu. Saya ingatkan rekan-rekan Perwira, agar bisa memberi contoh kepada anggota,kedisiplinan itu harus menjadi yang utama,” ujar Kapolres Belu itu.

Lebih lanjut, lulusan Akpol 2020 mengajak seluruh Anggota Polres Belu untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Selain Kita mendukung proses pemulihan ekonomi nasional di tengah wabah Corona.

“Saya minta rekan-rekan tetap jaga kesehatan walaupun Belu masih hijau. Karena kita juga tidak tahu kapan pandemi ini berakhir. Kalau kondisi kita sehat dan prima, tentu kita dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya dalam pelaksanaan pengamanan serangkaian tahapan Pilkada tahun ini,” pungkas Saleh.

Usai kegiatan laporan, dilanjutkan dengan acara pamit kenal Kapolres Belu yang dihadiri Bupati Belu Willybrodus Lay, Ketua DPRD Belu, Para Perwira Polres Belu, Pimpinan Forkopimda, Perwira Kodim 1605/Belu, Tokoh Agama serta tamu undangan lainnya yang menerapkan protokol kesehatan.