Dinas Dukcapil Kota Kupang Segera Luncurkan Aplikasi Simpel

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, atau Dukcapil Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur segera meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajeman Pelayanan Elektronik (SIMPEL) agar seluruh warga mudah mengakses pengajuan pengurusan dokumen kependudukan dari rumah.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase mengatakan, inovasi pelayanan melalui aplikasi SIMPEL memiliki keunggulan dengan memberikan akses bagi warga mengajukan dengan mengisi serta mengurus segala dokumen kependudukan dari rumah. Melalui aplikasi tersebut dan setelah dicetak akan diantarkan langsung oleh pegawai dari dinas Dukcapil.

“Aplikasi ini memudahkan warga untuk mengurus administrasi kependudukan,” kata Agus Ririmase.



Menurutnya, pelayanan dokumen kependudukan yang dapat di akses melalui aplikasi SIMPEL antara lain KTP elketronik, atau e-KTP, Akta Nikah, Akta Kematian, Kartu keluarga, Akta Lahir, Kartu Identitas Anak, atau KIA, keterangan perpindahan dan pelayanan lainnya. Jadi Warga sudah tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil, semua dapat dilakukan dari rumah dan apabila sudah beres, petugas dukcapil antar ke rumah.

Sementara menyangkut ketersediaan blangko e-KTP, Agus Ririmase mengaku, ketersediaan blangko Sempat mengalami kekosongan. Namun sejak 24 Juli 2020, Dukcapil Kota Kupang kembali menyiapkan kuota blangko sebanyak 12 ribu dan terus melakukan percetakan e-KTP bagi warga, baik pengurusan baru maupun yang telah melakukan perekaman sebelumnya dan siap dicetak sejumlah 2 ribu keping.(ntt-ym)