Komunitas Paguyuban Sosial Marga Tionghoa TTU, Berbagi Kasih di Tengah Pandemi Covid

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Selama dua hari berturut – turut, Selasa (02/06/2020) hingga Rabu (03/06/2020)Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) berkeliling memberikan bantuan sembako kepada 300 KK.

Pembagian paket sembako ini diperuntukan bagi masyarakat terkena dampak Covid -19 di seluruh kelurahan dalam wilayah Kecamatan kota Kefamenanu.

Ketua PSMTI TTU, Yanto Tantri Sanak mengatakan, bantuan yang dibagikan merupakan bantuan yang kedua kalinya di dalam kecamatan Kota Kefamenanu. Dengan harapan, melalui bantuan Paguyuban ini bantuan bisa tepat sasaran.

“Bantuan hari ini sudah untuk yang kedua kalinya, kali pertama kita bagikan ke 100 KK, kali kedua 200 KK jadi totalnya sudah 300 KK yang menerima bantuan. Dengan sasarannya orang – orang yang kena dampak Covid – 19 dalam Kecamatan Kota Kefamenanu, yakni para janda, lansia, orang – orang yang tidak mampu dan mereka yang diberhentikan dari pekerjannya”, kata Yanto Tantry Sanak.

Ia berharap melalui bantuan ini masyarakat, khususnya di kelurahan – kelurahan dalam Kecamatan Kota Kefamenanu bisa terbantu.

“Kami dari PSMTI TTU melalui kegiatan ini juga ingin menggugah hati teman – teman pengusaha di TTU untuk terlibat dalam kegiatan sosial ini. Dan puji Tuhan, banyak yang tergerak hatinya dan berbaur,” ungkap Yanto.

Yanto juga mengatakan, tujuan utama dari kegiatan tersebut, yakni menyadarkan masyarakat bahwa masalah Covid – 19 menjadi tanggungjawab bersama.

“Tujuan utama dalam kegiatan ini, bagaimana kita memicu kesadaran semua masyarakat bahwa ini masalah kita bersama.  Kita perlu sadari, bahwa ini tidak bisa dihadapi pemerintah sendiri, tetapi harus ada keterlibatan masyarakat,” jelasnya.

Menurut dia, sebenarnya banyak orang yang tergerak hatinya membantu sesama tapi tidak ada sarana untuk menyalurkan niat memberi. Dan melalui wadah PSMTI inilah banyak teman pengusaha dan Marga Tinghoa lainnya terlibat.

Sesuai pantauan di lapangan, Sebelumnya anggota PSMTI ini sudah membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, juga memberi bantuan berupa tandon cuci tangan dan beberapa kegiatan lain ke masyarakat yang dinilai bisa membantu pemerintah.

Untuk pembagian sembako, anggota PSMTI tidak menyalurkan bantuan melalui pihak lain. Tetapi
langsung door to door ke rumah masyarakat supaya tidak salah sasaran.

“Ketika kita memberi dan orang itu bersukacita, maka mereka merasa hidup itu sangat berarti bagi sesama. Dan ini murni bantuan dari teman – teman pengusaha marga Tionghoa yang ada di TTU. Mereka semua mengatakan, kita orang TTU, kita hidup dari Tanah TTU, kita diberkati di TTU maka kita berbagi berkat buat tanah TTU. Selama kita masih diberkati Tuhan, maka kita akan menjadi berkat bagi orang lain”, pungkas Yanto diakhir wawancara Rabu (03/06) sore di Kefamenanu.

Kegiatan berbagi kasih PSMTI yang berkesinambungan ini, sesuai rencana juga akan digelar di luar kota. Tentunya dengan terlebih dahulu disurvey apa yang menjadi kebutuhan utama masyarakat, sehingga bantuannya bisa bermanfaat bagi para penerima.