Khasiat Tanaman Hias Anti Corona Ala Titin Dula Jurnalis Radio Manggarai

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S. Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow. Com – Ditengah mewabahnya Coronavirus Diases (Covid-19) di sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia saat ini, Pemerintah dan pihak terkait, bahkan masyarakat terus berupaya mencari jalan keluar untuk segera terbebas dari serangan wabah mematikan itu.

Pemerintah terus mengeluarkan berbagai aturan atau kebijakan, mulai dari sosial distancing, Physical distancing hingga pemberlakuan Physical Sosial Berskala Besar (PSBB) disejumlah daerah.

Akan tetapi, ada yang berbeda dan menarik kali ini. Seorang Jurnalis Radio Manggarai (RM 88.00 FM), bernama lengkap Titin Dula atau yang akrab disapa Titin, perempuan paruh baya asal Lawir Ruteng, kelurahan Lawir, kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), pasalnya tengah membudidayakan sebuah tanaman hias jenis ‘Bunga Telang’ yang konon memiliki sejumlah khasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk penangkal Virus Corona atau Covid-19.

Sambil menikmati secangkir seduhan perdananya, kepada wartawan, Rabu, 29 April 2020 di kantor berita Radio Manggarai (RM 88.00 FM) di Lawir Ruteng, Titin menjelaskan, saat ini dirinya tengah membudidayakan tanaman hias jenis ‘Bunga Telang’ yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk penangkal virus corona.

“Saya sedang membudidayakan Bunga Telang anti corona. Awalnya Saya dapatkan bunga ini dari teman chatingan di facebook (FB). Bunga ini pertama kali dibawah teman dari Jawa. Khasiatnya banyak, termasuk anti corona,” ceritanya sambil menikmati secangkir seduhan Bunga Telang hasil olahan perdananya.

Titin menyebutkan sejumlah khasiat ‘Bunga Telang’ bagi kesehatan tubuh, selain menangkal corona, diantaranya, menambah imunitas tubuh, membasmi racun dalam tubuh, melancarkan haid (Menstruasi), menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul dan jerawat, membersihkan mata, menghitamkan dan menguatkan akar rambut, menyembuhkan bronkitis, menyembuhkan batuk dan asma.

Dirinya yakin, kedepannya, bunga ini akan menjadi buruan bagi masyarakat luas, sebab selain sebagai tanaman hias yang memiliki keindahan tersendiri, juga karena memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan. Selain itu juga proses pembuatannya cukup sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya untuk mengolahnya.

“Warna bunganya indah sekali. Caranya, Kita cukup ambil bunganya saja, lalu diseduh dengan air hangat. Didiamkan selama beberapa menit, lalu diminum. Aromanya khas, rasanya gurih dan nikmat,” terang Titin singkat.