Cegah Virus Corona, Impor Asal Timor Leste Dihentikan Sementara

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, aktivitas impor asal Negara Timor Leste dihentikan sementara sesuai instruksi.

Kebijakan pemberhentian sementara itu diberlakukan sejak hari Jumat tanggal 20 Maret 2020 sesuai instruksi Gubernur NTT terkait pencegahan virus Corona di wilayah perbatasan RI dengan Timor Leste.

Demikian Kepala Bea Cukai Atambua, Tribuana Wetangterah dalam konferensi Pers bersama Kakanwil Kumhan NTT bersama Imigrasi di Kantor Imigrasi Atambua, Kabupaten Belu, Jumat (20/3/2020) sore.

“Kami merespon kondisi itu untuk barang eskpor masih diberikan kesempatan melintas sampai hari ini masih, dan barang impor dilarang masuk ke wilayah Indonesia terhitung hari Jumat,” ujar dia.

Menurut Tribuana, sistem lockdown belum sepenuhnya berlaku terutama bagi pegiat ekspor dari Indonesia ke Timor Leste sedangkan aktivitas impor sudah dilarang terhitung Jumat hari ini.

“Kondisi ini sudah sampai ke Pimpinan, nanti jika ada arahan lain kedepan akan kami sesuaikan kondisinya,” terang Tribuana.

Ditambahkan, pihaknya sangat khawatir dengan para sopir truk eskpor yang membawa barang ekspor. Sebab sebagian besar memang belum tahu dan cenderung tidak peduli terhadap bahaya virus covid-19 dan tidak lengkapi diri dengan alat pelindung diri seperti masker dan lainnya.

“Kami terus lakukan pengawasan maksimal terhadap para supir barang ekspor yang melintas dan memastikan semuanya menggunakan alat pelindung diri serta wajib mengikuti kebijakan imigrasi termasuk paspor, visa, izin melintas, serta dokumen keimigrasian lainnya,” ungkap dia.

“Kami himbau kepada pelintas sopir pembawa ekspor yang belum sadar agar gunakan keselamatan memakai alat masker, sarung tangan dan lainnya karena sangat berpotensi,” pungkas Tribuana.