Jabatan Sekda Belu Segera Dilelang, Ini Kata Bupati Lay

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Bupati Belu, Willybrodus Lay mengatakan dalam waktu dekat jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Belu akan segera dilelang.

Kaitan itu, pihaknya akan menyampaikan informasi kekosongan jabatan Sekda Belu kepada Badan Kepegawaian Negaral (BKN) supaya jabatan itu dilelang.

Hal itu disampaikan Lay kepada wartawan usai rapat evaluasi realisasi fisik keuangan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Belu di aula Lantai I Kantor Bupati Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Rabu (15/1/20).

Lay menuturkan, pasca pensiun 31 Desember 2019 lalu jabatan Sekda Belu sementara kosong belum terisikan. Satu nama pejabat telah diusulkan untuk dilantik demi mengisi kekosongan jabatan itu.

“Sekda Belu sebelumnya sudah mengakhiri masa jabatannya tanggal 31 Desember. Kita usulkan pak Marsel Mau Meta ke Gubernur dan sudah dilantik sebagai pelaksana harian (Plh) 30 Desember lalu,” sebut dia.

Lanjut Lay, kaitan jabatan definitif pihak Pemkab akan menyampaikan informasi kekosongan jabatan Sekda kepada BKN, karena itu akan diusul BKN.

“Karena setahu saya, itu diusulkan ke BKN dan setelah itu dilakukan fit and proper tes. Sementara dalam proses, sehingga siapa saja boleh daftar dan ikut lelang,” terang dia.

Nantinya, dari hasil tes kompetensi, BKN akan merekomendasikan tiga nama yang diusulkan ke Gubernur NTT untuk ditetapkan. Sebagai kepala daerah juga akan merekomendasikan satu nama pejabat dari tiga nama guna duduki jabatan Sekda.

“Sekda Belu perlu dijabat figur ASN yang mengerti budaya dan mampu bekerja sama dengan semua elemen masyarakat. Karena, masyarakat Kabupaten Belu sangat menjunjung budaya,” kata Lay.