Gubernur Mengatakan NTT Kaya dan Akan Go Internasional

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Bertempat di ruang kerjanya, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), pekan lalu melakukan tatap muka dengan enam orang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke NTT.

Pada kesempatan ini, Gubernur Viktor membeberkan beberapa potensi kekayaan alam di NTT yang saat ini sedang dikerjakan agar mampu bersaing di level internasional.

“NTT ini sangat kaya, baik potensi alamnya maupun budayanya, hanya saja sekian lama belum dikerjakan dan dikelola dengan baik. NTT memiliki pohon ajaib yakni Marungga, NTT juga memiliki tanaman kopi terbaik, kami juga memiliki pohon enau dan gewang yang dapat diolah menjadi minuman beralkohol, bahkan saat ini kami sedang mengerjakan garam dengan standar premium untuk kebutuhan nasional,” kata Gubernur.

“Dan sekarang ini saya boleh katakan NTT sudah mulai dilirik oleh dunia internasional. Baru-baru ini kami membawa produk coklat marungga asal Sumba untuk ditampilkan pada festival coklat dunia yang berlangsung di kota Paris. Hasilnya sungguh luar biasa, banyak produsen coklat di Eropa yang memesan untuk dijual di negaranya. Ini suatu kebanggaan luar biasa bagi Nusa Tenggara Timur tentunya. Sama halnya juga dengan produk Sophia (minuman alkohol asli NTT). Ketika NTT ikut ambil bagian dalam festival budaya yang berlangsung di London, banyak pengunjung yang tertarik dengan minuman ini, karena memiliki cita rasa yang sangat berbeda dengan minuman beralkohol dari negara lain. Bahkan ada pengunjung yang mencoba lebih dari satu kali. Hal ini membuktikan bahwa produk asli NTT tidak kalah dengan negara lain,” kata Laiskodat.

Mantan anggota DPR RI dari fraksi partai Nasdem ini juga kembali mengangkat soal kopi asli NTT yang saat ini sudah banyak dikenal di dunia internasional.

“Saat ini kopi NTT asal kabupaten Manggarai menjadi kopi terbaik di dunia. Sebagai Gubernur saya yakin kopi dari daerah lain di NTT juga akan mengikuti jejak kopi Manggarai, asalkan dilakukan penelitian yang baik maka semuanya akan terwujud,” sambung VBL.

Selain potensi Sumber Daya Alam, Nusa Tenggara Timur juga memiliki potensi pariwisata yang sangat hebat. Salah satunya adalah pulau komodo.

“Komodo itu satu-satunya di dunia, jadi kita harus tampilkan yang terbaik. Tidak semua orang bisa datang ke sana kedepannya. Sebagai Gubernur saya pastikan bahwa Pulau Komodo akan menjadi tujuan wisata prioritas bagi para wisatawan kedepannya,” ungkap Laiskodat.

Pada kesempatan yang sama, Ir. H. Djafar Alkatiri, selaku ketua rombongan mengatakan bahwa NTT dibawah kepemimpinan bapak Viktor Bungtilu Laiskodat semakin menunjukan kemajuan yang luar biasa.

“NTT sangat dikenal saat ini, berkat kebijakan-kebijakan yang diambil oleh bapak Viktor. Memang untuk memajukan sebuah daerah membutuhkan seorang pemimpin yang mempunyai karakter kuat, berani dan bekerja dengan hati, dan ketiga hal ini dimiliki oleh bapak Viktor,” kata Djafar. Biro Humas dan Protokol Provinsi NTT