Idul Fitri Momen Berbagi Kasih Sayang Sesama Umat

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Momen 1 Shawal ini seharusnya kita mengambil pelajaran dari puasa Ramadhan selama satu bulan, ialah pertama puasa mengajarkan kita untuk berkata dengan jujur, menahan diri, menguasai keadaan sehingga tidak berbicara semauanya.

Demikian Ketua MUI Kabupaten Belu, H.Kaliman Lamarobak usai Sholat Id di lapangan umum Atambua, Kabupaten Belu, Rabu (5/6/2019).

Lanjut Lamarobak, momen berikutnya ialah membagi kasih sayang sesama kaum muslimin dan sesama manusia.Dimana jagat fitrah itu merupakan implementasi dari rasa kasih sayang atau membagi kasih sayang kepada seluruh umat manusia khususnya umat Islam yang merasa kekurangan.

Setelah kegiatan Sholat Id ini jelas dia, umat Islam akan berdatangan ke rumah silaturahmi, bersalaman tangan saling memohon maaf, meminta maaf kepada seluruh handai tolan.

“Apabila selama sebelum sebulan itu ada perkataan tidak sesuai maka bisa dimaafkan pada saat momen lebaran ini,” ujar Lamarobak.

Disaksikan media, kegiatan bertajuk persatuan dan kasih sayang sesama umat manusia berlangsung di lapangan umum Atambua, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste dihadiri kurang lebih dua ribu umat Muslim.

Adapun bertindak selaku Khotib dalam Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H tahun 2019 yakni, Ustadz H M Ikbal L Larusi selaku Imam dalam kegiatan tersebut.

Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan Sholat Id berlangsung hikmat dengan mendapat penjagaan ketat dari aparat gabungan TNI Kodim 1605/Belu, Polres Belu dan Brimob Batalyon A Kompi 2 pelopor Belu.