Dispendukcapil Siap Cetak 16 Ribu E-KTP di Kemedagri

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang akan membawa 16 ribu data Print Ready Record, atau Data Siap Cetak milik warga Kota Kupang yang telah melakukan perekaman E-KTP untuk dicetak di Kementerian Dalam Negeri.

Plt Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase, mengatakan, sesuai dengan instruksi Dirjen Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri untuk membawa dan melakukan pencatakan E-KTP di Kemendagri.

“Kami rencananya akan berangkat ke Jakarta pada akhir Februari mendatang untuk melakukan pencetakan, kepingan E-KTP itu yang akan dibawa ke Kota Kupang untuk dibagikan ke masyarakat,” katanya.

Ririmase mengatakan, data yang sudah siap atau Print Ready Record (PRR) sudah mencapai 16 ribu, dan akan dibawa untuk dicetak di Kemendagri, karena di kemendagri memiliki alat canggih yang sekali cetak bisa mencetak ribuan E-KTP.

“Saat kembali nanti, kami akan langsung distribusi ke masyarakat, dan masyarakat bisa langsung ambil di kantor Dukcapil, selain itu kami juga mempunyai program artis atau antar gratis,” kata Ririmase.

Dia melanjutkan, program antar gratis ini dimaksudkan agar masyarakat tidak harus membuang waktu hanya untuk datang ke Dukcapil untuk mengambil KTP nya, karena petugas akan langsung mengantar ke rumah yang bersnagkutan.

“Ini juga merupakan salah satu program kerja Wali Kota Kupang, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyatakat, jadi masyarakat tidak lagi harus bolak-balik ke Dukcapil, memang diperlukan anggaram namun sejauh ini masih ditangani secara baik, program ini sudah kami jalankan sejak Januari lalu,” ujarnya.

Ririmase mengaku, salah satu upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat adalah dengan bekerja maksimal. Petugas di Dinas Dukcapil sendiri sudah bertugas 24 jam, dengan sistem dibagi per shift, jadi ada petugas yang bekerja dari pagi sampai sore, dan ada petugas yang kerja dari sore sampai malam, semuanya khusus untuk pelayanan E-KTP.