15 Menit NTT Cinta Bumi, Polri-TNI di Belu-Timor Leste Bersihkan Sampah Pasar Atambua

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019, jajaran Polres Belu bersama TNI dari satuan Yonif Raider Khusus 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 408/SBH dan Brimob Subden Pelopor Belu menggelar gerakan 15 menit NTT cinta bumi.

Gerakan peduli kebersihan gabungan Personel Poli-TNI di Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste ini melakukan pembersihan sampah-sampah di lokasi Pasar Baru Atambua, Kelurahan Beirafu, Kamis (21/2/2019).

Disaksikan media, ratusan Personel Polri dan TNI menyerbu kompleks Pasar Tradisonal yang terletak di jantung Kota Atambua. Dengan sapu lidi yang dibawa, masing-masing Anggota mulai membersihkan sampah di setiap titik dalam komplek Pasar Baru.

Selain Personel gabungan, dalam kegiatan gerakan peduli kebersihan itu melibatkan juga warga masyarakat yang berada di Pasar. Pembersihan dimulai dari Pos Polisi Pasar Baru Atambua, selanjutnya menyusuri setiap titik pasar yang terdapat sampah. Semua sampah yang ada di jalan bahkan di lorong-lorong dipungut dan dibuang ke sampah umum.

Adapun aksi bersih-bersih sampah tingkat Kabupaten Belu dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Belu, Kompol Apololinario Da Silva bersama sejumah perwira Polres Belu, Yonif RK 744/SYB, Wadanki Brimob serta Satgas Yonif Raider 408/SBH.

“Kegiatan bersihan sampah hari ini menindakalanjuti perintah Kapolda terkait 15 NTT Cinta Bumi yang diselenggarakan serentak di seluruh NTT,” ujar Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing di sela-sela giat.

Dikatakan, Polres Belu siap menjadi pelopor kebersihan di Kabupaten Belu. Selain itu juga mengajak TNI, Pemerintah, masyarakat dan stakeholder lainnya untuk sama-sama menjadi pelopor kebersihan.

“Dengan demikian, terciptanya Kabupaten Belu yang bersih,indah dan asri,” ujar dia.

Dituturkan bahwa, kegiatan pembersihan sampah yang dilaksanakan secara nasional hari ini merupakan gerakan bersama untuk mengugah hati semua orang agar menjaga kebersihan.

Lanjut dia, dengan gerakan menjaga kebersihan ini dipelopori oleh Polri dan TNI, kebersihan ini tidak berhenti begitu saja tetapi terus dilakukan dari waktu ke waktu. Diharapkan setiap orang harus memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan.

“Polres Belu sebagai pelopor menjaga kebersihan lingkungan akan terus mengajak pemerintah, masyarakat dan stakeholder lainnya agar sama-sama menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing,” pungkas Tobing.