PLN Bekali Mahasiswa Magang PNK Pentingnya Sadar Keselamatan Kerja

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka lanjutan kerja sama PLN dengan Politeknik Negeri Kupang (PNK) melalui Program D3 tahun 2016, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan acara pembekalan sadar keselamatan (Safety Awareness) dan K2/K3, Senin (18/2/2019).

Senior Manajer SDM dan Umum PLN UIW NTT, Galih Chrissetyo menyampaikan, program magang tersebut dilakukan selama tiga bulan, mulai Februari hingga Mei 2019 di Kantor UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Kupang.

“PLN UIW NTT sudah ditugaskan oleh PLN Pusat melalui penugasan rekrutmen selama 3 tahun terakhir untuk membuka Program D3 Kerja sama. Selain rekrutmen lokal dan rekrutmen terbuka 2018 yang hasilnya sudah tergabung di prajabatan angkatan 64 dan 65,” ungkap Galih.

Menurut Galih, pembekalan tentang sadar keselamatan bagi mahasiswa magang sangat penting dan diperlukan sehingga ketika di lapangan nantinya, dan dalam situasi apapun dapat tetap memperhatikan Standard Operation Procedure (SOP).

“Seperti melihat, menganalisa pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) yang dilakukan oleh pegawai PLN Eksisting, kelak ketika bekerja di lapangan pun tetap utamakan keselamatan, karena keluarga kita menunggu di rumah dan ini semua akan diawasai dibawah pengawasan fungsi pejabat K2/K3,” papar Galih.

Senior Manajer Pengembangan Konsultasi Sistem dan Kemitraan PT PLN (Persero) Pusdiklat, Dudung mengharapkan para mahasiswa magang serius mengikuti pembekalan dimaksud.

“Jadi diminta ketika kalian magang diharapkan serius, jangan sampai di tempat magang ada yang membuat masalah, karena listrik itu tidak berwujud arusnya dan terlihat warnanya namun bisa dirasakan tegangan tinggi,” tegasnya.

“Diharapkan, adik-adik dapat memperkaya kompetensi untuk nanti tidak kaget saat terjun bekerja dan sesuai SOP dan pendampingan,” sambungnya.

Funan, salah satu dari mahasiswa magang Politeknik Negeri Kupang menyatakan gembira, karena dari banyaknya peserta yang mengikuti tes, dirinya termasuk satu dari 29 mahasiswa yang terpilih.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan penyerahaan program magang oleh Manajer Bagian Pelaksana Pembelajaran Udiklat, Andi Sunario dengan Kepala Jurusan Teknik Elektro PNK, Jemsrado Sine.

Kerjasama ini dilakukan sebagai bentuk sinergi PLN dan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas SDM demi membangun dan memperkuat kelistrikan di seluruh wilayah Indonesia.