Intel Kodim Belu Amankan Puluhan Karung Pakaian Rombengan Diduga Dibacking Oknum Anggota Kodim

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kodim 1605/Belu berhasil mengamankan sekitar puluhan karung yang berisikan pakaian rombengan atau pakaian bekas, Rabu (30/1/2019).

Informasi yang berhasil dihimpun media di lapangan, kurang lebih ada sekitar 62 karung pakaian itu diamankan Anggota Intel Kodim Belu di sekitaran pemakaman atau kuburan Islam, Tini, Kelurahan Rinbesi, Kota Atambua.

Saat diamankan barang bukti karung putih ukuran besar itu berada dalam sebuah truk jenis Izuzu Canter Turbo warna merah dengan Nopol DH 9093 XX bertutupkan terpal yang sedang parkir di lokasi diamankan.

Oleh Anggota Intel, kendaraan truk Villaderbia beserta BB karung pakaian rombengan langsung digiring ke Mess Kodim Belu. Selanjutnya barang tersebut diturunkan dan disimpan dalam gudang.

Diketahui barang bukti itu diangkut dari tempat penampungan di Silawan pagi hari. Pengiriman puluhan karung pakaian itu diduga dibacking oleh oknum Anggota Kodim Belu dengan menggunakan jasa sewa truk untuk mengangkut dibawa ke dalam Kota Atambua.

Pantauan media, selesai diturunkan semua karung berisi pakaian bekas itu, kendaraan truk bak kayu yang masih tertutup terpal itu langsung digiring ke Makodim Belu dan diparkir di belakang Kantor.

Dandim 1605/Belu, Letkol CZI I Putu Gusti Dwika yang dikonfirmasi media terkait hal itu mengatakan, dirinya belum mendapat informasi terkait dugaan keterlibatan oknum. Namun dirinya akan mendalami informasi tersebut.

“Saya akan selalu awasi anggota saya agar tidak terlibat masalah ilegal. Jika ada info Anggota terlibat informasikan saya, agar saya tidak salah ambil keputusan,” ujar dia.

Sebelumnya Dandim Dwika yang ditemui awak media di Kantor mengatakan, dirinya mendapat laporan tadi pagi dari Unit telah terjadi usaha penyelundupan dan Anggota yang mendapat informasi langsung turun ke lokasi dipinggir pantai.

“Malam dapat informasi kita turun dan berhasil amankan 40 karung pakaian rombengan tanpa pemilik,” ujar dia.

Saat ini barang bukti karung tersebut telah diamankan di Kodim, dan akan kita musnahkan karena tidak ada pemilik beserta barang bukti lainnya yakni BBM berupa minyak tanah yang diamankan.