Letkol Inf Teuku Resmi Jabat Danyon Raidersus 744/SYB

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Komandan Brigade Infanteri 21/Komodo, Kolonel Inf Umar memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danyon Raider Khusus 744/SYB, Letkol Inf Bima Santosa kepada Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal.

Upacara Sertijab berlangsung di lapangan Mako Yonif Raidersus 744/SYB, Tobir, Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste, Jumat (14/12/2018).

Danbrigif Kolonel Inf Umar dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dan rutin dilakukan di lingkungan Kodam IX/Udayana. Kegiatan ini adalah bagian dari pembinaan personel yang tidak terpisahkan dari mekanisme suatu organisasi, demi pengembangan dan pencapaian tugas pokok satuan yang lebih berhasil dan berdaya guna, serta sebagai sarana untuk peningkatan karier bagi Perwira.

“Satu hal yang harus dipahami bahwa, jabatan yang dipercayakan merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa dan kepercayaan dari Pimpinan, tugas dan kewajiban pengabdian kepada negara ini harus dipertanggunjawabkan baik secara moral maupun institusi organisasi,” ujar dia.

Dituturkan, pengabdian dan dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini hendaknya diteruskan dan dikembangkan di tempat tugas yang baru. Perlu disadari bahwa, pencapaian pelaksanaan tugas selama ini.

“Tentunya tidak terlepas dari adanya dukungan dan kerja sama yang harmonis dari seluruh anggota, staf dan Komandan satuan bawahan serta masyarakat sekitarnya, baik tokoh agama, termasuk instansi Pemerintahan,” ucap Kolonel Umar.

Dikatakan, kepercayaan yang diberikan kepada Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal untuk memimpin Batalyon Infanteri Raider Khusus 744/ Satya Yudha Bhakti dengan harapan segala kemajuan dan prestasi yang telah dicapai satuan, hendaknya dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang serta dikembangkan dalam pelaksanaan tugas selanjutnya.

“Hal-hal yang baik dapat terus dilanjutkan oleh Letkol Teuku Mustafa Kamal. Terus mengembangkan satuan ini, satuan Raidersus merupakan satuan yang terdepan di NKRI yang berada di Perbatasan Belu dan Timor Leste,” pinta dia.

Mencermati perkembangan kehidupan sosial masyarakat perbatasan yang rentan terhadap permasalahan merupakan suatu tantangan bagi Prajurit Yonif Raider Khusus 744/SYB yang berada di wilayah perbatasan Rl-RDTL.

Oleh sebab itu Prajurit Yonif Raider Khusus 744/Satya Yudha Bhakti, di tuntut untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan kemampuannya melalui kegiatan belajar dan berlatih secara maksimal dan berkesinambungan serta terus-menerus mengasah kepekaan terhadap perkembangan situasi dimanapun berada dan bertugas.

“Banyak masalah dan hambatan namum itu dapat dijadikan peluang untuk menjadikan prestasi yang baik di lingkungan TNI. Ini suatu amanah didalam melaksanakan tugas dan harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan,” tandas Kolonel Umar.

Lanjut dia, agar tugas pokok dapat tercapai maka Komandan Satuan harus melaksanakan pembinaan satuan secara terus-menerus, dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesiapan operasional satuan.

“Latihlah Prajuritmu agar menjadi Prajurit yang disiplin, jago perang, jago menembak, jago bela diri, memiliki fisik yang prima, bangun Etika Keprajuritan agar prajurit memiliki moral yang tinggi, sehingga menjadi prajurit yang mencintai dan dicintai rakyat,” akhir Danbrigif 21/Komodo.

Untuk diketahui, Pejabat lama Mayor Inf Bima Santosa menjabat sebagai Danyon Raidersus 744/SYB selama 1 tahun 2 bulan. Adapun jabatan baru Mayor Inf Bima Santosa yakni sebagai Dandim 1623/Karengasem, Denpasar.

Acara Sertijab Danyon Raidersus 744/SYB dimeriahkan dengan aksi para prajurit yang menampilkan tarian merah putih, tarian ja’i, tebe serta demonstrasi yongmoddo sekaligus menutup rangkaian acara tersebut.

Turut hadir dalam acara itu, Sekda Belu, Petrus Bere, Dandim 1605/Belu, Letkol Czi I Gusti Putu Dwika, Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, Danyon 743/PSY Mayor Inf I Putu Tangkas Wiratawan, Wadansatgas Yonif Raider 408/SBH, Dansub POM Atambua, Tokoh Agama, Pimpinan Forkopimda serta tamu undangan lainnya.