Ingin Banyak Investor Masuk, Pemkot Siap Benahi Pelayanan Perizinan

Bagikan Artikel ini

Lapporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Memacu investor untuk menanamkan modal, Pemerintah Kota Kupang menggelar Coffe morning dengan pelaku usaha di Kota Kupang, Senin (30/7/2018). Coffe morning ini dihadiri Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Asisten I Yos Rera Beka, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Kupang, Bernabas Thomas Balukh, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, dan pimpinan OPD lainnya.

Memulai dialog, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, mengatakan, untuk meningkatkan iklim imvestasi Kota Kupang pemerintah terus berupaya membenahi proses perijinan agar investasi bisa lebih banyak masuk demi meningkatkan ekonomi di Kota Kupang

“Kami sadar kadang-kadang kami mempersulit izin yang ada. Dengan sistem yang ada sehingga sangat sulit mengeluarkan izin yang sebenarnya mudah. Contohnya izin Marina, kami mengurusnya hanya satu hari. Selain itu, banyak petugas yang masih menerima uang dari para pelaku usaha. Ini yang harus dirubah,” katanya.

Dia menjelaskan, Sumber daya manusia di Perizinan juga masih ada kelemahan. Ini yang perlu dibenahi dan ditingkatkan. “Yang terpenting adalah kesejahteraan masyarakat Kota, jika investasi di Kota Kupang minim, maka perekonomian tidak bisa berkembang,” ujarnya.

Dikatakan, pemerintah harus memastikan bahwa para investor benar-benar terlindungi. Pemerintah terus berupaya untuk mempromosikan dan menarik investor untuk datang ke Kota Kupang. “Salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi yaitu dengan investor, dan mengadakan berbagai even-even besar di kota ini,” katanya.