RSUD SK Lerik Gelar Pengobatan Gratis Di Naioni

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK Lerik, menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di Gedung Kebaktian GMIT Nekaf Mese Naioni, Minggu (29/7/2018). Kegiatan Pengobatan gratis dilakukan dalam rangka memperingati HUT RSUD S.K. Lerik ke-8.

Sebelum memulai pemeriksaan gratis, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore didampingi penjabat Asisten II, Tom Ga, asisten III, JL Tokoh, Direktris RSUD SK Lerik, dr.Marsiana Halek dan pimpinan OPD lainnya mengikuti kebaktian pertama bersama dengan jemaat.

Seusai mengikuti kebaktian, semua tenaga medis, mulai dari perawat, bidan, dokter umum, dokter spesialis, apoteker dan jajaran lainnya mulai membuka posko pelayanan di samping halaman gereja Nekaf Mese Naioni.

Ratusan masyarakat sangat antusias mengikuti pemeriksaan gratis ini. Mulai dari pemeriksaan kesehatan mata, gula darah, gigi, penyakit dalam, dan pemeriksaan lainnya. Setalah diperiksa, masyarakat langsung diberikan resep obat dan langsung mengambil obat.

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, mengatakan, program pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu program untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kedepan, bukan hanya rumah sakit, tetapi semua petugas kesehatan yang ada di Kota Kupang bisa mengambil bagian.

“Kami akan buat pemeriksaan gratis ini sebagi agenda rutin. Pihak rumah sakit bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk bisa menggelar pemeriksaan gratis maksimal sebulan sekali,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pelayanan kesehatan memang seharusnya tidak bersifat menunggu saja. Tetapi harus langsung ke masyarakat dan menemukan kendala yang dihadapi. “Diharapkan pemeriksaan gratis ini bukan hanya di Naioni, tetapi di semua wilayah kelurahan,” ujarnya.

Direktris RSUD SK Lerik, dr.Marsiana Halek, mengatakan, kegiatan pengobatan gratis ini melibatkan semua unsur rumah sakit, mulai dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan dan lainnya. Selain pemeriksaan juga ada penyuluhan tentang gizi dan kesehatan lainnya.

“Pemeriksaan gratis ini dilakukan dalam rangka menyambut Hut ke-8 RS SK Lerik pada 01 Agustus mendatang. Dengan harapan, pelayanan kesehatan secara lengkap seperti ini bisa didapat masyarakat. Juga bisa lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Marsiana.

Dia melanjutkan, sebelum melaksanaan pemeriksaan, pihak rumah sakit sudah berkoordinasi dengan pihak kelurahan naioni, gereja dan puskesmas setempat untuk mengumumkan kepada semua warga Naioni untuk mengikuti pemeriksaan ini.

Dia menjelaskan, pada perayaan Hut ke-8 RSUD SK Lerik, 01 Agustus mendatang, sekaligus peresmian gedung baru rumah sakit. Selain itu, sebelum menggelar pemeriksaan gratis ini, masih dalam rangkaian acara menyambut Hut RSUD SK Lerik, pada Jumat (27/7/2018) lalu, seluruh jajaran RSUD SK Lerik menggelar jalan sehat, yang dimulai dari Balai Kota Kupang sampai rumah sakit.

“Selain itu, di internalnya kami juga ada berbagai kegiatan, mulai dari donor darah, lomba menyanyi dan lainnya. Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatlan kekompakan dan rasa persaudaraan dalam internal rumah sakit, agar pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat juga bisa lebih baik dari waktu ke waktu,” katanya.

Sementara itu, Lurah Naioni, Arkalaus Mohar, mengatakan pemeriksaan gratis yang digelar di wilayah kelurahan Naioni ini sangat membantu masyarakat. Antusias masyarakat juga sangat bagus. Pasalnya ratusan warga datang untuk ikut pemeriksaan kesehatan.

“Kebanyakan warga saya bekerja sebagai petani. Waktu mereka lebih banyak dihabiskan di kebun. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan di wilayah ini, tentu sangat baik dan masyarakat antusias. Pasalnya pemeriksaan ini lengkap dengan semua dokter spesialis yang ada,” katanya.