Mekeng Florianus Jadi Penjabat Bupati Sikka

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menunjuk Mekeng P. Florianus yang selama ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi NTT sebagai Penjabat Bupati Sikka.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT, Viktor Manek sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Kamis (19/7/2018).

Viktor mengatakan, pengangkatan penjabat bupati Sikka ini sesuai surat keputusan (SK) Mendagri no. 131.53- 1969 Tahun 2018 tertanggal 17 Juli tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Sikka.

Sebelum pengangkatan dan pelantikan penjabat bupati ini, Mendagri menyurati gubernur dan gubernur pun telah meneruskan surat itu agar Sekda Valens Sili Tupen melaksanakan tugas sebagai pelaksana harian Bupati Sikka.

“Pengangkatan pelaksana harian ini agar tidak ada kevakuman pemerintahan antara akhir masa jabatan bupati periode 2013- 2018 dan pelantikan penjabat bupati,” kata Viktor.

Dia menjelaskan, pengangakatan sekda sebagai pelaksana harian bupati tersebut karena proses usulan pengangkatan penjabat bupati sudah dilakukan. Dipastikan penetapan penjabat bupati tidak lebih dari satu bulan pasca berakhirnya masa jabatan Bupati Sikka periode 2013- 2018 pada 6 Juli 2018.

“Pelantikan penjabat bupati ini juga dimaksudkan agar tidak ada kevakuman pemerintahan, karena pelantikan bupati terpilih dijadwalkam pada 20 September 2018,” papar Viktor.

Viktor menyampaikan, penjabat Bupati Sikka sesuai jadwal akan dilantik pada Jumat, 20 Juli di Kupang. Penjabat bupati dilantik Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon atas nama Mendagri.