Lahan Tidur Disulap Babinsa Koramil Wedomu Jadi Kebun Anggur

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kerja keras anggota TNI satuan Kodim 1605/Belu, Sertu Duarte Dos Santos sukses setelah memanfaatkan lahan tidur dijadikan lahan produktif.

Terbukti, kurang lebih setengah hektare lahan tidur milik pribadi di daerah Silawan dikelolanya dengan cara budidayakan tanaman anggur membuah hasil yang memuaskan.

Serka Duarte yang juga Babinsa Koramil 07 Wedomu menuturkan, selain melaksanakan tugas pokok sebagai anggota TNI, dirinya juga mengisi waktu kosong dengan bercocok tanam anggur.

Dia mengaku, budidaya tanaman anggur telah dilakukan dirinya sejak tinggal menetap di Desa Silawan. Awalnya budidaya anggur dilakukan diatas lahan kosong disekeliling rumahnya.

Dikatakan, proses budidaya anggur mulai dari tahap menanam sampai dengan berbuah membutuhkan waktu kurang lebih dua tahun. Tentunya didukung dengan perawatan yang rutin.

“Lahan ini awalnya kosong, saya manfaatkan dengan menanam anggur dan hasilnya siap dipanen,” ujar dia saat ditemui di kebun anggur, Desa Silawan, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Senin (16/7/2018).

Jelas dia, diatas lahan seluas setengah hektare ada dua jenis anggur yang dibudidaya yakni anggur hijau dan hitam. “Anggur ini ditanam sejak 2016 lalu dan direncanakan akan panen dalam minggu ini,” sebut Duarte.

Menurut dia, untuk kualitas buah anggur Silawan beda dengan anggur di daerah lain. Hal iti dikarenakan faktor tanah yang berpasir karena berdekatan dengan laut.

“Selama budidaya tidak ada kendala. Perawatannya rutin sepuluh hari selama dua bulan. Kita gunakan pupuk organik dan alam,” ujar dia.

Terkait pemasaran, sejak awal panen anggurnya dimasukkan ke beberapa toko minimarket yang berada di dalam kota Atambua. Selain dibeli warga Belu sering juga dibeli warga dari negara tetangga Timor Leste.

“Untuk dilahan ini anggurnya sudah bisa panen minggu ini. Kalau yang dilahan sekelilimg rumah panennya akhir bulan depan,” pungkas Babinsa Koramil Wedomu itu.