Buka Turnamen Kontas Cup, Bupati Lay : Sepak Bola Mempererat Tali Persaudaraan

Bagikan Artikel ini

Atambua, NTTOnlinenow.com – Kompetisi sepak bola sebagai simbol atau ajang dalam meningkatkan hubungan persahabatan juga silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan para pemain yang melaksanakan pertandingan.

Demikian Bupati Belu, Willybrodus Lay saat membuka secara resmi Turnamen Klibur Oan Tulakadi Silawan (Kontas) Cup di lapangan Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Kamis (17/5/2018) sore lalu.

Menurut Lay, turnamen Kontas cup perdana yang dihelat Pemerintah Desa Silawan bekerjasama dengan Desa tetangga Tulakadi merupakan even yang sangat bagus dan positif bagi masyarakat di daerah perbatasan Belu dan negara tetangga Timor Leste.

“Selain memacu serta meningkatkan olahraga di bidang sepak bola, even ini semakin mempererat tali persaudaraan di tepian negeri rai Belu,” ucap dia.

Turnamen yang digelar ini jelas Lay menjadi contoh bagi daerah-daerah lain termasuk daerah yang berada di wilayah perbatasan dengan negara tetangga. Melalui even ini kita tingkatkan persaudaraan seperti nama Belu yang artinya Sahabat.

“Karena itu Pemerintah Belu menyampaikam proficiat kepada untuk desa Silawan dan Tulakadi. Ini sangat luar biasa, kita tidak saja mencari bibit-bibit pemain bola kaki tapi bagaimana merajut persaudaraan. Terimakasih untuk Kepala Desa bisa bisa menggelarkan turnamen perbatasan ini,” ujar dia.

Turnamen sepak bola Kontas Cup ini jelas Lay satu hal yang sanga luar biasa terjadi di Desa perbatasan. Dimana kita ketahui bahwa turnamen ini gunakan sumber dana dari masyarakat Desa sendiri.

Lanjut dia, diharapkan turnamen sepak bola perbatasan ini bisa diagendakan menjadi setiap tahun dan kalau bisa turnamennya dilakukan di setiap bulan Mei.

Lay juga meminta, agar Kepada Desa Silawan dan Tulakai dalam turnamen berikut dan seterusnya selain melibatkan tim atau club bola kaki dari wilayah Belu, kalau bisa libatkan juga tim dari Batugede, Timor Leste juga Kabupaten tetangga lainnya.

“Apresiasi untuk dua Desa yang menggelar turnamen ini. Saya harapkan tahun depan even Kontas Cup ini bisa hadirkan dua atau empat tim dari Timor Leste juga tim Kabupaten tetangga. Sehingga lebih mempererat tali persaudaraan warga kedua negara di tapal batas,” pinta Lay.

Dihimbaukan kepada seluruh peserta yang bertanding termasuk para penonton atau suporter yang terlibat agar tetap menjaga keamanan dan kenyamanan selama pertandingan berlangsung.

Selama bertanding para peserta atau tim harus sportif dan profesional. Untuk para wasit dan hakim garis juga harus bertindak sprotifitas jangan berat ke salah satu tim.

Sehingga lewat silaturahmi momen turnamen Kontas Cup yang perdana ini selain mempererat tali persaudaraan juga dapat berjalan aman, lancar dan penuh kedamaian.

“Wasit serta hakim jangan buat tercemar even ini. Kalau bisa kedepan ada even kedua sehingga lebih tingkatkan lagi hubungan persahabatan dan persaudaraan di tepian negeri rai Belu ini tapal batas,” pinta Lay.

Sebelumnya Ketua Panitia Kontas Cup, Kriastian Labi Susu dalam laporan mengatakan, kegiatan turnamen yang digelar ini guna memacu kedua pemuda dua Desa di perbatasan Belu dalam membantu pembangunan Pemerintah dari Desa.

Akui dia, Kedua Desa Tulakadi dan Silawan mempunyai Pemerintahan sendiri-sendiri tetapi dilihat sebagai sejarah historis dua Desa ini merupakan satu yakni satu adat, kekeluargaan, suku, budaya yang merupakan bagian tidak bisa dihindari atau dipisahkan.

“Karena itu dibentuk satu komunitas Kontas. Kegiatan olahraga bidang sepak bola ini ingin memperkenalkan Kontas secara khusus ke dua Desa dan secara umum kepada seluruh masyarakat Belu dalam memupuk persatuan, persaudaraan dalam even,” terang Kristian.

Masih menurut Kades Tulakadi itu, tujuan turnamen sebagai ajang perkenalan Kontas dalam memperebutkan piala Kontas perdana. Selain itu juga untuk meningkatkan mutu kulitas dalam bola kaki, memupuk jiwa sportifitas dan tali silaturahmi warga di perbatasan Belu.

Selanjutnya penyerahan bola dari Bupati Belu Willy Lay kepada Ketua Askab Belu yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan ke Ketua Panitia oleh Ketua Askab. Kemudian penyerahan piala Kontas oleh kedua Kades ke Ketua Panitia disaksikan Bupati dan undangan.

Pembukaan pertandingan turnamen tersebut ditandai dengan tendangan perdana bola ke tengah lapangan oleh Bupati Willy Lay didampingi Ketua Askab dan kedua Kepala Desa.

Untuk diketahui ada enam belas tim yang berlaga dalam turnamen Kontas Cup. Adapun tim tersebut antara lain, Dalaus FC, Igor FC, Afatar FC, Kontas United, Garuda FC, Kenebibi FC, Husada FC, Kontas Junior, Polmas FC, Persadi FC, Geometri FC, Kontas PLBN, Mabers FC, Bank NTT, Udayana dan Kontas.

Pembukaan turnamen Kontas Cup dihadiri, Camat Tastim, Danramil Wedomu, Danki Mota’ain Satgas Yonif 743/PSY, Kepala BNPP Mota’ain, Kapospol Mota’ain, pejabat mewakili Imigrasi, Ketua Askab Belu, Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua, Kades Silawan, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.(Protokol dan Komunikasi Publik Setda Belu) adv