Wabup Sumba Timur Irup Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2018

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habubudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali bertindak selaku Inspektur upacara dalam apel pasukan operasi ketupat turangga 2018 yang dilaksanakan Rabu (6/6/2018) di halaman Kantor Bupati Sumba Timur.

Umbu Lili Pekuwali dalam sambutannya mengatakan, operasi ketupat sebagai salah satu operasi kepolisian terpusat yang diselenggrakan secara serentak di seluruh jajaran selama 18 hari sejak tanggal 7 – 24 Juni 2018.

Menurutnya, operasi tersebut melibatkan 173.397 personil pengamanan gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda serta stakeholder dan elemen masyarakat lainnya sehingga operasi tahun ini terdapat 4 potensi kerawanan yang harus diwaspadai.

“Jadi kerawanan pertama adalah stabilitas harga dan ketersediaan harga pangan, kedua adalah masalah kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik dan ketiga potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas dan keempat ancaman tindak pidana terorisme,”kata Umbu Lili.

Dalam menyematkan pita tanda operasi kepada anggota, ia menegaskan 4 potensi kerawanan perlu di waspadai dengan baik disamping melakukan pemeriksaan pasukan dan pengecekan pasukan serta kendaraan baik sepeda motor maupun mobil dalam mendukung kegiatan operasi.

Sementara Kapolres Sumba Timur AKBP Victor MT Silalahi melalui Kasat Lantas Iptu Berry Nathaniel, SH saat ditemui menuturkan, apel gelar pasukan Ops Ketupat Turangga dengan melibatkan anggota Sat Lantas, adalah kewajiban untuk melakukan penertiban dalam menekan angka kecelakaan.

“Jadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas karna pengendara tidak disiplin berkendara, makanya operasi ketupat turangga ini merupakan upaya meminimalisir pelanggaran lalu lintas yang dapat menimbulkan kecelakaan,”ungkapnya