Hendrikus Kasi : Satu Kali Salam Maria Saja Untuk Victory Joss, Pasti Menang

Bagikan Artikel ini

Laporan Frans Watu
Maumere, NTTOnlinenow.com – Hendrikus Kasi, mantan murid Josep Nae Soi, calon wakil gubernur NTT yang berpasangan dengan Viktor B Laiskodat mengisahkan bahwa masa-masa Josep Nae Soi menjadi guru di SMA Sint Gabriel Maumere adalah salah satu masa susah tokoh tersebut.

“Saya sampai tamat dapat Bapak Josep sebagai guru di Sint Gabriel Maumere. Pernah kami sama-sama makan ubi kayu di teras Gereja Panti Rini (sekarang gereja Thomas Morus). Dia guru yang luar biasa, buat kami jadi orang seperti sekarang, itu dia punya jasa juga,” ujar Hendrikus ketika bertemu dengan Mery Jogo Nae Soi di depan Wisung Fatima Lela, Maumere, pada Rabu (29/3/2018).

Untuk diketahui, Hendrikus Kasi menjalani pendidikan menengah atas di SMA Sint Gabriel periode 1971 – 1973. Teman-teman kelasnya saat itu, antara lain Maksi Sari, Vinsen Anut, Moat Hila, Orimung. Josep Nae Soi menjadi guru Olahraga dan Biologi pada periode 1970 – 1972.

Dia mengenang, masa-masa itu merupakan masa sulit. SMA Sint Gabriel masih pakai kursi goit (kursi yang buruk). Makan lebih banyak ubi kayu. Namun, kondisi tersebut tidak melunturkan pengabdian para guru di SMA Sint Gabriel, termasuk Josep Nae Soi.

Hendrikus mengatakan, Josep Nae Soi pantas menjadi salah satu pemimpin NTT untuk mendidik masyarakat NTT supaya bisa maju. Dia sangat memahami kondisi masyarakat NTT karena berjuang dari kondisi masih susah. “Dia sudah pernah jadi guru untuk satu kabupaten, sekarang kami semua sudah jadi manusia. Dia cocok untuk jadi guru satu provinsi, biar semua bisa jadi orang seperti kami,” ujar dia.

Hendrikus yang saat ini berprofesi sebagai petani di Lela, yang menurut dia, profesi Nomor Nipe alias NIP Eon (tidak ada NIP), tidak lupa berpesan agar Josep Nae Soi menjadi pemimpin yang baik untuk masyarakat NTT.

Dia juga sempat bernostalgia dengan sang guru melalui sambungan telpon dan mengaku terkejut, mantan gurunya tersebut masih mengenal dirinya.

“Jadilah pemimpin yang baik untuk masyarakat NTT. Kasih saja kami lilin, kami akan doa untuk Victory Joss. Cukup 1 kali Salam Maria saja, kalau semua orang doa Salam Maria, Bapak Josep akan jadi pemimpin di NTT,” tegas dia.(Otista Center)