Viktor B.Laiskodat Janji Datangkan Ahli Kopi Untuk Berdayakan Pemuda Ende

Bagikan Artikel ini

Laporan Frans Watu
Ende, NTTOnlinenow.com – Calon Gubernur (Cagub) Nusa Tenggara Timur Victor Bungtilu Laiskodat (VBL) hari ini, Selasa, 20 Maret 2018 sambangi Paroki Santa Maria Imakulata Ndona- Ende.

Tiba dilokasi Viktor B.Laiskodat disambut Pastor Paroki Romo Osko Odang, Pr dan sejumlah pastor lainnya. Pada kesempatan itu Viktor bersama rombongan disuguhi ubi Nuabosi dan panganan lokal lainnya serta kopi.

Vitor B.Laiskodat terlihat sangat menikmati suguhan tersebut. Di hadapan rombongan, Viktor memuji kelezatan Ubi Nuabosi yang sangat terkenal itu. Menurut Viktor Ubi Naibosi sangat nikmat bila dinikmati dengan kopi tanpa gula.

Di hadapan Pastor Osko Odang dan para Pastor yang hadir, Viktor berjanji akan mendatangkan ahli kopi untuk melatih para pemuda di sana agar memiliki keahlian dan menjadi profesional dalam mengelola kopi.

Janji tersebut disampaikan Viktor mengingat Nusa Tenggara Timur, khususnya Flores adalah salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Terbukti pada tahun 2015, kopi Manggarai Timur terpilih menjadi kopi nomor satu Indonesia.

Penetapan kopi Manggarai baik jenis arabika dan robusta sebagai kopi terbaik Indonesia 2015 merupakan hasil kontes kopi spesialti Indonesia ke tujuh yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kontes diselenggarakan tahunan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia serta Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember.

“Saya akan datangkan orang yang punya keahlian membuat kopi untuk melatih para pemuda disini,” katanya.

Namun menurutnya, peserta yang dibutuhkan ialah yang memiliki tekad dan ketekunan. Harapannya, mereka bisa menjadi ahli.

“Tidak perlu banyak banyak orang. Cukup beberapa orang saja yang serius mau belajar,” ujarnya.

Setelah mengunjungi Paroki Santai Maria Imakulata, Viktor B.Laiskodat berserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Desa Manulonda, untuk melakukan kampanye terbatas.