HUT ke-53, Prajurit Yonif 743/PSY Dihimbau Jaga Kepercayaan Dalam Bertugas

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 743/PSY, Mayor (Inf) I Putu Tangkas Wiratawan mengatakan, peringatan HUT ke-53 Yonif 743/PSY hari ini perlu dimaknai sebagai momen untuk menjalin kerja sama dalam rangka tugas pengamanan perbatasan Negara.

Dikatakan tugas pengamanan wilayah perbatasan merupakan kepercayaan yang diberikan kepada Yonif 743/PSY. Karena itu perlu disyukuri dengan penuh rasa tanggung jawab dalam laksanakan tugas.

“Batalyon ini baik, sehingga terpilih untuk diberi tugas mengamankan perbatasan NKRI di wilayah Belu dengan Timor Leste,” ucap dia dalam sambutan peringati HUT ke-53 Yonif 743/PSY di Mako Satgas, Kelurahan Umanen, Senin (19/3/2018).

Tugas pengamanan perbatasan jelas Tangkas merupakan tugas mulia, karena seorang prajurit bekerja dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Sehingga bisa beraktivitas dalam meningkatkan kesejahteraan.

Lanjut dia, selain itu mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat dengan melaksanakan kegiatan sosial seperti pelayanan kesehatan, pendidikan dan kegiatan fisik di antaranya perbaikan jalan untuk membuka akses transportasi dan lalulintas ke pusat-pusat pendidikan, kesehatan dan pasar.

“Semua itu terjadi, karena semangat kerja di bawah motto siap kerja bersama karena kita bersaudara,” kata dia.

Karena itu Tangkas menghimbau kepada para prajurit harus mampu menjalin kerja sama dalam tugas dan menghayati dan mempedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Kewajiban TNI.

HUT Yonif 743/PSY juga dirayakan dengan beberapa kegiatan di antaranya melaksanakan kegiatan pesuli kasih melalui kunjungan ke Panti asuhan Almuhajirin Tini, Pasar Baru Atambua dan Panti Asuhan Alma Bakti Luhur Kelurahan Tulamalae.

Sementara peringati HUT Batalyon, personil Pos Fohuk Yonif 743/PSY membangun Kapela Pauk di Desa Loonuna Kecamatan Lamaknen Selatan, Senin (19/3). Kegiatan pembangunan Kapela Fohuk dilaksanakan secara rutin setiap bulan bersama warga setempat.

Dalam giat kerja bakti itu Pastor Paroki Nualain, Ignas Alo Bria mengarakan keterlibatan personil Yonif 743/PSY dalam pembangunan Kapela Fohuk telah memberikan andil dalam pembangunan iman umat.

Melalui kegiatan tersebut dapat mempererat jalinan kerja sama serta silaturhmi persaudaraan dan peningkatan iman umat di wilayah perbatasan Lamaknen.