Inspirasi Perempuan Hebat di Belu, Perjuangan Almira di Balik Anyaman

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua,NTTOnlinenow.com – Kisah perjuangan Almira Lopes perempuan parubaya asal Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu bisa menjadi contoh bagi kaum perempuan, khususnya remaja putri generasi masa depan.

Dengan kondisi kehidupan serba terbatas, perempuan empat anak yang berdomisili dengan keluarga di dusun Wekiar ini tetap tangguh. Tidak kenal lelah dan menyerah dalam bekerja membantu suami untuk kebutuhan hidup rumah tangga serta mewujudkan impian buah hati mereka.

Dikisahkan Almira dalam perayaan hari perempuan sedunia di taman kota Atambua, Kamis sore (8/3/2018), selama ini dirinya hanya melakukan aktifitas menganyam berbagai kerajinan tangan untuk di jual ke pasar.

Alhasil, usaha kerja keras tersebut bisa mengantarkan putra sulung dan putra keduaya ke jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Sedangkan putra ketiganya masih di bangku SMP dan putri bungsunya di Sekolah Dasar.

Dia mengakui, aktifitas sehari-hari dengan menganyam berbagai kerajinan tangan telah dilaksanakan sejak lama. Sebelum itu, dia bersama suaminya berdagang sayur mayur dengan modal yang terbilang kecil hanya Rp 15 ribu.

Meski demikian, usaha dagang sayur terus dijalankan bersama. Setelah memiliki modal cukup, Almira beralih ke pekerjaan menganyam hasil kerajinan yang dilakukan hingga saat ini.

Lanjut dia, hasil kerajinan anyaman tersebut dijualkan di pasar tradisional Desa Dualaus. Selain itu dihari pasar di dalam wilayah Kecamatan Kakuluk Mesak dan hari biasa di jual ke pasar Atambua.

“Selama ini saya kerja hanya anyam kerajinan tangan. Hasilnya dipakai untuk kehidupan sehari-hari dan biaya sekolah anak-anak,” urai Almira didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Belu di hadapan para undangan.

Dikatakan, saat ini putra sulungnya dan putra kedua telah menyelesaikan kuliah di salah satu perguruan tinggi dengan gelar sarjana.

“Anak yang dua sudah sarjana, satu SMP dan satu masih SD,” ucap Almira penuh terharu.

Kisah perjuangan Almira ibu empat anak ini inspirasi perempuan hebat Belu yang menjadi contoh dan bisa diikuti oleh kaum perempuan lainnya di wilayah Kabupaten Belu.